TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pertajam dan Perkuat Skill Prajurit, 130 Orang Perwira Menengah Kodam Latihan Menembak Pistol

By 02 Jul 2015 09:18Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_0164

Pendam (01/07).Menembak merupakan kemampuan dasar tempur yang harus selalu dilatih sebagai seorang prajurit TNI disamping untuk membiasakan prajurit mempergunakan senjata yang dimiliki.Guna memelihara kemampuan tersebut, Perwira menengah Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan latihan menembak Pistol yang diikuti oleh 130 orang Pamen satuan jajaran Kodam se-Garnisun Jayapura pada Rabu 01 Juli 2015 bertempat di Lapangan Tembak Pratu Lucas Caviar Makodam.

Kegiatan ini merupakan program bidang pembinaan latihan yang tujuanya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan prajurit Kodam XVII/Cenderawasih agar dapat melaksanakan menembak dengan baik dan mencapai nilai perkenaan yang diharapkan serta meningkatkan sumber daya manusia, agar mempunyai kesiapan dalam melaksanakan tugas serta kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan bagi setiap prajurit.

IMG_1167

Latihan menembak ini merupakan salah satu program pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh Kodam XVII/Cenderawasih untuk mempertajam dan memperkuat skillpara prajurit dalam hal menembak. Setiap bulan, Pamen pangkat Mayor ke atas menjalani program menembak dengan pistoldan untuk Perwira pertama serta prajurit Bintara dan Tamtamamenembak dengan senapan laras panjang setiap minggu militer yang jatuh pada hari Rabu, minggu keempat setiap bulan. Program ini sudah jalan dan sudah ada panitia yang mengorganisir setiap minggunya,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G.Siahaan,SE, yang berkesempatan hadir di Lapangan Tembak Pistol untuk melihat dan memberi pengarahan kepada Pamen bagaimana Tehnik dan Tehnis menembak yang baik dan benar. Adapun di bidang keterampilan, sasaran yang ingin dicapai adalah para perwira mampu menembak dengan perkenaan maksimal. Selain itu, para personel juga dituntut agar mampu mengatasi permasalahan teknis menembak di lapangan dengan cepat, tepat dan benar,”ujar Asops Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Christian Tuhateru.

Sebelum melaksanakan menembak, sesuai dengan prosedur maka para perwira mendapat arahan dari pemandu latihan. Dilanjutkan dengan koreksi dasar senapan, tembakan pengelompokan dan tembakan tepat. Latihan yang dilaksanakan adalah menembak Pistol dengan jarak 20 meter  untuk masing-masing petembak diberi 1 butir koreksi dan 10 butir peluru untuk tembakan tepat. Sedangkan senjata yang digunakan dalam latihan ini menggunakan Pistol jenis FN 46, Glock danSig Sauer. Pada kesempatan tersebut Pangdam juga melakukan Latihan menembak dengan nilai perkenaan 99 persen tepat di sasaran. Autentikasi : TPR

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pertajam dan Perkuat Skill Prajurit, 130 Orang Perwira Menengah Kodam Latihan Menembak Pistol