TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sholat Istisqo’ Memohon Hujan Turun Di Kota Bogor

By 26 Jul 2015 18:10Kodam III/Siliwangi
istisqo

Komandan Korem 061/Sk Kolonel Inf Fulad, S.Sos. M.Si. melaksanakan sholat minta hujan ( Istisqo’ ) bersama para jamaah lainnya, bertempat dilapangan Sempur kota Bogor, Jum’at (24/7).

Isitisqo’ adalah memohon kepada Allah SWT untuk di turunkannya hujan karena kebutuhan hidup atas air sangat mendesak. Dengan demikian sholat Istisqo’ berarti sholat yang dilakukan dalam rangka memohon hujan kepada Yang Maha Kuasa. shalat Istisqo hukumnya sunnah muakkadah.

Kepada media Danrem 061/Sk mengatakan bahwa kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Jawa saat ini, sebetulnya bukan karena musim kemarau, tetapi akibat penjarahan hutan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir. Kondisi kemarau saat ini sebenarnya tidak ekstrim, hanya karena hutan-hutan di Jawa itu sudah terlalu banyak yang dijarah, maka sedikit saja datang musim kering, dampaknya cepat sekali terasa, banyak pula dari mereka harus mencari air bersih dengan mencapai jarak kiloanmeter, bahkan sampai mengais air comberan (Nauzubillah).

Lebih lanjut Danrem menekankan. Kita harus memperbanyak istighfar. Memohon ampunan kepada Allah swt atas segala dosa yang telah dilakukannya. Karena dosa-dosa inilah yang menjauhkan kaum dari rahmat-Nya (diajuhkan dari hujan, didatangkan keprihatinan, paceklik dan berbagai macam cobaan menakutkan lainnya).

Sebagaimana diterangakan dalam Al-Isra ayat 16 : “Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”

Selanjutnya Danrem menegaskan, Untuk selalu Introsfeksi diri, tadabur terhadap alam dan lingkungan serta zikir kepada Alloh SWT, merupakan jalan keselamatan dan kesejahteraan umat manusia.

Turut dalam Sholat Istisqo’ tersebut Walikota Bogor DR. Bima Arya, Ketua DPRD Kota Bogor Bpk Untung Maryono, SE., Damdim 0606/Kota Bogor Letkol Inf Mukhamad Albar, Danyonif 315/Garuda Mayor Inf Irwan Budiana, S.E, MM., Para unsur Muspida, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan diikuti lebih dari 650 orang jamaah sholat Istisqo’ se wilayah Bogor. (Penrem 061/Sk).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sholat Istisqo' Memohon Hujan Turun Di Kota Bogor