TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Warga Serbu Operasi Pasar Kodim Sidrap Dan Pangkep

By 09 Jul 2015 06:33Kodam XIV Hassanudin
PASAR1

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, dalam rangka menekan harga sembako yang cenderung naik sebagai akibat ulah spekulan terutama bahan kebutuhan pokok ( Beras, Gula pasir, Minyak goreng, tepung terigu dll), maka dilaksanakan Operasi Pasar (OP) gula pasir itu untuk menekan harga yang melambung tinggi yang dilakukan oleh distributor nakal yang mencari kesempatan dan keuntungan pada bulan ramadhan ini, sehingga daya beli masyarakat semakin menurun.

Adanya kenaikan harga kebutuhan pokok dimana mana, serta dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan tsb dari pertimbangan kepentingan tersebut, Korem 142/Tatag khususnya Kodim 1420/Sidrap dan Kodim 1421/Pangkep merasa terpanggil membantu kesulitan warga dalam mendapatkan kebutuhan pokok tersebut kemudian melaksanakan kegiatan Operasi pasar (OP) dengan mengandalkan produk utamanya hasil pertanian yaitu Gula pasir Kristal kualitas eksport. Dalam operasi pasar selain harganya murah juga kualitasnya bagus. Operasi pasar (OP) gula pasir yang dilakukan di wilayah ini berdampak positip menekan harga di pasar. Indikasinya harga gula pasir yang merangkak naik dari Rp.12.500,- per kg kini turun menjadi Rp.11.500,- per kilo.

Selain mendatangi tempat tempat keramaian juga perkantoran, Rumah sakit dan tempat strategis lainnya yang banyak di datangi oleh warga. Pola dan sistem operasi pasar yang tidak terpaku pada suatu tempat seperti ini tergolong masih jarang dilakukan, oleh karena itu sejak di mulainya kegiatan ini selalu saja laris manis dan habis di wilayah Sidrap dan pangkep. Menurut sdri. Isali salah satu warga kel. Amparita menuturkan “Gula pasir yang dijual oleh Kodim sidrap sangat murah yaitu Rp.11.500,-dari harga pasaran Rp. 12.500,- dan hal ini tentunya sangat membantu masyarakat sedangkan untuk pembelian di batasi 3 kg/perorang “.

Setiap hari kodim sidrap dan kodim pangkep melaksanakan penjualan dula pasir murah secara bergiliran di tiap tiap pasar yang ada di kecamatan. Dan sampai hari ini sudah 2 pasar yang dilaksanakan, tidak lebih 30 menit barang sudah terjual. “ Harapan Masyarakat Kodim 1420/Sidrap bisa terus melaksanakan operasi pasar ini yang manfaatnya benar benar bisa dilaksanakan oleh masyarakat miskin “ Tutur Dandim, Letkol Kav. Husnizon. Selain Kodim sidrap dan Kodim Pangkep, Kodim jajaran Korem 142/Tatag juga akan melaksanakan kegiatan serupa yang tersebar di masing masing wilayah.

Hal senada di sampaikan Dandim 1421/Pangkep Letkol Inf. Andrian Susanto, “ dengan semakin dekatnya Hari raya Idul Fitri 1436 H, kebutuhan rumah tangga semakin banyak dan harga sembako terjadi kenaikan, sehingga kodim pangkep merasa terpanggil untuk melaksanakan operasi pasar yang tentunya harganya murah dan kualitasnya eksport “.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Warga Serbu Operasi Pasar Kodim Sidrap Dan Pangkep