TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil 08 Barat Melatih Anggota Pramuka dan Paskibraka

By 11 Aug 2015 12:52Kodam V/Brawijaya
pas

Korem 081/DSJ, Babinsa Koramil-0804-08 Barat Serma Maryono Kodim 0804 Magetan, dan Dua orang Babinsa melaksanakan pelatihan paskibraka dalam rangka HUT RI yang ke 70 Tahun 2015 bertempat di lapangan Kecamatan Kartoharjo. (10/8).

Dalam kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan pentingnya pelatihan paskibraka kepada para anggota yang menjadi petugas agar nantinya saat gladi bersih tidak terjadi kesalahan. Kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2015 terutama pengibaran Bendera Merah Putih terletak kepada Paskibraka itu sendiri, untuk itu, hendaknya kepada para pelajar yang tergabung dalam Paskibraka ikuti petunjuk atau arahan para pelatih.Tutur Maryono.

Untuk melatih kedisiplinan para pemuda di Indonesia ada dua hal yang hampir diabaikan yang sebenarnya dapat membantu kita untuk menanamkan sifat disiplin bahkan semenjak dari sekolah dasar, yaitu pendidikan melalui Pramuka dan Paskibra disekolah-sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar sampai ke tingkat sekolah menengah atas, penndidikan pramuka dan paskibra bisa kita dapatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Namun keadaan sekarang masih memperlihatkan minimnya minat para pemuda untuk mengikuti hal tersebut, padahal manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan pramuka dan paskibra sangat banyak. Dalam kegiatan pramuka, selain dalam kegiatannya selalu mengutamakan kedisiplinan anggotanya yang secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan kedispilinan seseorang yang terkait didalamnya, kita juga akan mendapatkan pendidikan layaknya seorang pecinta alam, lalu kita juga akan mendapatkan pendidikan tentang sandi-sandi dalam berkomunikasi. Lalu dalam paskibra, sama seperti pramuka yang pasti akan mengutamakan kedispilinan anggotanya dalam setiap kegiatannya, dalam paskibra kita akan mendapat pendidikan bagaimana cara kita bersikap dihadapan bendera merah putih dan kita akan tahu sebesar apa pengorbanan para pahlawan kita dulu dalam memperjuangkannya.

Dan yang pasti dalam pramuka dan paskibra kita akan mengerti dan merasakan juga sebuah jalinan antar anggota didalamnya yang pasti akan membuat kita merasa seperti keluarga sendiri,.Eksistensi Pramuka dan Paskibra memang hampir tidak terlihat lagi dalam kehidupan kita sehari-hari, namun manfaat dari kedua hal tersebut tidak akan hilang apabila kita paham dan menggunakan pendidikan dari Pramuka dan Paskibra secara layak dan sebagaimana harusnya, kedisiplinan, sikap saling meghormati, sikap sopan dan santun terhadap sesame maupun orang yang lebih tua, dan sikap cinta tanah air, yang saat ini hampir sangat sulit untuk bisa ada dan tumbuh dalam jiwa para pemuda di Indonesia akan bisa kita miliki dan bukan tidak mungkin juga dengan sikap-sikap baik yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia, Indonesia bisa menjadi lebih baik dari generasi mudanya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil 08 Barat Melatih Anggota Pramuka dan Paskibraka