TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Berkat Pendampingan Petani oleh Koramil 01/Kota Kodim Bangkalan Hasil Panen Meningkat

By 23 Aug 2015 09:26Kodam V/Brawijaya
bbafba8684dcedbd29914839332149ee

Bangkalan –  Panen raya padi akan terus berlangsung secara berkelanjutan, mengingat pada saat masa tanam padi di Kabupaten Bangkalan tidak serempak. Meski begitu, panen raya padi di Kabupaten Bangkalan kali ini cukup meningkat dibandingkan tahun lalu.

Komandan Koramil (Danramil) 01/Kota Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Mohamad Hariyanto beserta anggota melaksanakan pendampingan panen di Kelurahan Melajeh Kec. Kota Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur, Sabtu (22/8/2015).

Danramil juga didampingi ketua Gapoktan bersama masyarakat  telah memanen padi jenis IR 64 di area sawah Kelompok Tani (Poktan) “Mina Lestari”, luas lahan 1 hektare berlokasi di RT 2 RW 2 Bungsang Desa Melajeh, Kecamatan Kota, Kabupaten Bangkalan.

Hasilnya panen dengan sistim tanam acak ini, menghasilkan 10 ton per hektare,  lebih meningkat dari hasil panen raya yang dilaksanakan sebelumnya.

“Kami sebagai aparat teritorial mengajak para warga agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan dan mengatur pengairan dan irigasi dengan tepat sehingga kebutuhan air tercukupi untuk tanaman padi, mengingat saat ini cuacanya sedang kurang bersahabat, dan efek dari cuaca el nino,” katanya.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam  swasembada pangan. Selain pendampingan pertanian juga sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian’, imbuhnya.

Terpisah,, Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergisitas Pemerintah Kab. Bangkalan melalui Dinas Pertanian Kab. Bangkalan yang bekerjasama dengan Kodim 0829/Bangkalan dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional.

“Kami juga siap membantu petani mulai dari perbaikan irigasi, pengadaan bibit, proses tanam dan panen hingga pemasaran tentunya bersama-sama Tim Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Bangkalan,” Ujar Dandim.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Berkat Pendampingan Petani oleh Koramil 01/Kota Kodim Bangkalan Hasil Panen Meningkat