TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bulog Gandeng Korem 142 Serap Gabah Petani

By 21 Aug 2015 09:16Kodam XIV Hassanudin
bulog

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, tepati komitmennya seperti yang pernah diungkapkan beberapa waktu lalu di Makassar, akan bekerjasama dengan TNI AD dan Perum Bulog dalam rangka membeli gabah/beras di petani. Hal ini untuk memangkas rantai perdagangan beras yang selama ini banyak didominasi tengkulak hingga pedagang besar. Bulog Divisi Regional Sulsel dan Barat (SulselBar) menargetkan penyerapan beras hingga 500 ribu Ton pada Tahun 2015.

Bulog siap membeli gabah petani , seperti yang disampaikan oleh Kepala Divisi Regional (Kadivre) SulselBar, Abdul Haris usai mengikuti rapat optimalisasi pengadaan gabah/beras bersama dengan Kodim 1405/Mlts “kalau perlu kita bawakan truk kelokasi, “ungkapnya,  Menurutnya, untuk mencapai target pengadaan gabah dan beras petani 2015 di Sulselbar, pihaknya meminta kepada seluruh kepala gudang untuk tidak tinggal diam dikantor. Para kepala gudang dituntut untuk turun kelapangan membeli gabah dan beras petani sesuai harga pasaran umum yang berlaku didaerah masing-masing.dan pihak pemerintah Kab. Barru, bulog optimis  bisa menyerap 500 ribu ton beras tahun ini, karena sampai sekarang Bulog sendiri sudah menyerap 50 % dari target tersebut.

Hasil Koordinasi dengan Bulog pun di lakukan oleh Kodim Pinrang, dimana : 1) Bulog bersedia membeli  Gabah Kering Panen (GKP) sesuai harga pasar yang berada di wilayahnya,  2) bekerja sama dengan para Babinsa, Danramil serta Kodim di Lapangan,  3) Di harapkan daya serap Bulog yang ada di pinrang akan mencapai target bahkan melebihi.

Sementara itu, jajaran kodim Sidrap khususnya Danramil dan Babinsa sudah turun ke lapangan untuk mengawasi pembelian gabah petani oleh Bulog dalam rangka pencapaian target penyerapan gabah petani oleh Bulog kab. Sidrap. Satuan Kodim jajaran Korem 142/Tatag pun sudah mulai melaksanakan kegiatan yang serupa dalam rangka membantu pemerintah dalam hal ini Bulog Sub Regional untuk mencapai target penyerapan.

Dalam kesempatan itu, Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Syafruddin,S.E.,M.M.,M.Tr.(Han), menyampaikan “Jajaran Korem 142, khususnya Kodim Kodim akan senantiasa membantu pemerintah mewujudkan swasembada Pangan terutama penyerapan gabah maupun padi,  sinergitas terus kita bangun antara Kodim, Bulog maupun Petani dalam pelaksanaan di lapangan dengan mengerahkan Seluruh kekuatan Prajurit yang ada di wilayah “. (Penrem 142/Tatag).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVII/Cenderawasih Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam Jaya Kostrad Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bulog Gandeng Korem 142 Serap Gabah Petani