TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0815 Pimpin Gelar Pasukan Pam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kab. Mojokerto

By 24 Aug 2015 21:59Kodam V/Brawijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Mojokerto, (24/08) Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letnan Kolonel Inf Djohan Darmawan, pada hari Senin tanggal 24 Agustus 2015 pukul 07.55 s.d. 08.25 berkesempatan menjadi Pimpinan Apel Kegiatan “Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Mojo 2015 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kab Mojokerto Tahun 2015” di Halaman Mapolres Mojokerto Jl. Gajah Mada No. 99 Mojosari Kab. Mojokerto.

“Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Mojo 2015 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kab. Mojokerto Tahun 2015” yang dihadiri oleh Unsur Forpimda Kabupaten Mojokerto, Dandenpom V/2 Mojokerto, Danyonif Linud 503, Kas Sub Garnisun III/0815, Ka Bakesbangpol, Kasat Pol PP, Ka Dishub, Ketua KPUD dan Ketua Panwaslu Kabupaten Mojokerto, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM dan Insan Media.

Dalam amanatnya, Dandim 0815, menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan saat ini, merupakan wujud perencanaan dan kesiapan personel beserta kelengkapan sarana prasarana TNI-Polri dengan unsur terkait dalam mengamankan setiap Tahapan Pilkada Kab. Mojokerto tahun 2015. Dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, sehingga pengamanan Pilkada pada setiap tahapannya dapat berjalan dengan aman, tertib dan damai. Perlu dicermati, pada pelaksanaan Pilkada Kab. Mojokerto Tahun 2015 terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Mojokerto tahun 2015. Berbagai potensi kerawanan yang dapat terjadi dalam setiap tahapan Pemilu diantaranya dapat berupa pelanggaran tindak pidana Pemilu dan tindak pidana umum yang harus ditangani oleh Polri secara profesional, transparan dan akuntabel. Terkait tindak pidana Pemilu, Polri bekerja sama dengan Kejaksaan dan Panwaslu, diharapkan dapat mengoptimalkan peran Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran Pemilu yang terjadi.

Oleh karena itu, dalam rangka menjamin stabilitas Kamtibmas selama berlangsungnya Pilkada Kabupaten Mojokerto Tahun 2015, Kepolisian Resor Mojokerto Bersama Jajaran menggelar operasi dengan sandi Ops “Mantap Praja Mojo – 2015” mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakkan hukum, kuratif dan rehabilitasi, dalam rangka mengamankan setiap Tahapan Pilkada Kab. Mojokerto Tahun 2015, sampai dengan Tahap Pelantikan Calon Terpilih sebagaimana Peraturan KPU RI No. 2 tahun 2015 yang dijadwalkan pada tahun 2016 mendatang.

Sehubungan dengan pelaksanaan operasi kepolisian tersebut, maka dalam implementasinya, telah dilakukan pergelaran fungsi – fungsi kepolisian di lapangan dalam bentuk Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari Enam Satgas, yang melibatkan 385 Personel Polri, dengan Bantuan Perkuatan Personel TNI 309 dan 2.675 Personel Linmas untuk mengamankan Pemilih yang tersebar di 1.717 TPS Sementara.

Dandim juga menekankan kepada seluruh jajaran, “untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik – baiknya, serta berupaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para Penyelenggara dan Peserta Pilkada Kabupaten Mojokerto Tahun 2015“, serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya.

Mengakhiri sambutannya, Dandim 0815 Mojokerto mengajak agar menjadikan Apel Gelar Pasukan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pilkada Kabupaten Mojokerto Tahun 2015, dan berharap semoga segala tugas pengabdian yang telah dan yang akan kita laksanakan, menjadi nilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. ( Penrem 082/CPYJ )

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0815 Pimpin Gelar Pasukan Pam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kab. Mojokerto