TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dankodiklat TNI AD : Berusaha Dapatkan” Sangkur Perak”

By 06 Aug 2015 18:57Kodiklat
t 4

Padalarang – Bertempat di gedung serba guna Turangga Jurit Soesilo Soedarman Pusdikkav Pussenkav Kodiklat TNI AD Padalarang sebanyak 674 orang mantan siswa dari lembaga pendidikan Akademi Militer dan Secapaad serta Perwira dari Mancanegara mengikuti upacara pembukaan Pendidikan Dasar Kecabangan TNI AD TA.2015. Pendidikan ini merupakan pendidikan lanjutan dari pendidikan pembentukan yang telah dilaksanakan di kedua lembaga pendidikan tersebut. Upacara dibuka secara resmi oleh Komandan Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Agus Sutomo, S.E, Kamis (6/7).

Dalam amanatnya, Komandan Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Agus Sutomo, S.E, menyampaikan bahwa bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan militer yang telah diperoleh di lembaga pendidikan Akademi Militer dan Secapaad merupakan pendidikan yang masih bersifat umum dan perlu dikembangkan serta didalami lagi pada pendidikan tahap II yaitu Pendidikan Dasar Kecabangan. Pendidikan Dasar Kecabangan merupakan pendidikan lanjutan dari pendidikan sebelumnya dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan para Perwira TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, pengetahuan dan keterampilan Dasar Kecabangan, Jabatan dan Kepelatihan di Kecabangan TNI AD serta kondisi jasmani yang samapta.

Disisi lain Dankodiklat TNI AD juga menyampaikan bahwa peperangan modern tidak dapat dimenangkan oleh satu kecabangan saja, tetapi akan dimenangkan dengan melibatkan multi kecabangan yang memadukan keseimbangan antara kemampuan bermanuver dan tembakan(Combined Armed). Oleh sebab itu para Perwira Siswa selain untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan tersebut hendaknya para Perwira Siswa mampu berkomunikasi dengan baik selama mengikuti pendidikan dan menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, sehingga kelak setelah selesai mengikuti pendidikan mampu memimpin dan melatih anggotanya menjadi Prajurit yang profesional dan memiliki jasmani yang samapta guna mewujudkan satuan yang handal.

Selanjutnya Komandan Kodiklat TNI AD menyampaikan bahwa Perwira harus selalu belajar, berlatih dan mengembangkan wawasan berpikirnya baik di lembaga pendidikan maupun dalam tugas satuan yang diberikan. Oleh karenanya Perwira Siswa dapat menyiapkan diri secara optimal, sehingga dapat mengikuti pendidikan dengan baik dan berhasil sesuai yang diharapkan oleh pimpinan.

Diakhir amanatnya Komandan berpesan kepada seluruh Perwira Siswa agar mentaati seluruh ketentuan dan peraturan-peraturan yang ditetapkan di lembaga pendidikan sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik, lancar dan aman. Kembangkan budaya belajar mandiri dengan merubah pola belajar dari “Teacher Learning Centre“ menjadi “Student Learning Centre” serta canangkan hasil belajar setinggi mungkin, sebagai wujud keberhasilan pembinaan 10 komponen pendidikan dengan berusaha mendapatkan “Sangkur Perak”.
Pendidikan Dasar Kecabangan TNI AD TA 2015 ini akan dilaksanakan di 15 Pusdik Kecabangan TNI AD selama 20 Minggu ( 5 Bulan ) dengan mengoperasionalkan 1.080 JP.

Setelah Upacara, Komandan Kodiklat TNI AD yang mempunyai prinsip hidup “ Jadilah bagian dari solusi, bukanbagian dari masalah “ menyampaikan penjabaran perintah yang telah di STkan kepada setiap satuan jajaran Kodiklat TNI AD diantaranya agar tetap menjaga kesehatan, bagi yang sudah berkeluarga tetap pelihara keharmonisan keluarga, tingkatkan kinerja, jaga keselamatan dan keamanan dalam kerja, pendidikan dan latihan, hindari pelanggaran sekecil apapun, sebaliknya berprestasilah! Serta tingkatkan kepedulian.

Dilain pihak Komandan Kodiklat juga menyampaikan pengarahannya kepada para Danpusdik agar berbuat terbaik untuk satuan dengan mencegah dan menghentikan Dehumanisasi dan memberikan hak peserta didik secara utuh (tidak dipotong) dengan memperhatikan makanan yang bergizi,sehat dan memenuhi standar serta kamar mandi, ruang makan dan barak harus layak dan bersih.

Setelah memberikan pengarahan, Komandan Kodiklat melanjutkan kegiatannya ke Pusdikif Pusenif Kodiklat TNI AD Cipatat untuk penijauan pembagunan fasilitas latihan ( aula bela negara) .
Upacara Diksarcab di Pusdikkav Pusenkav Kodiklat TNI AD dan peninjauan pembangunan fasilitas latihan gedung aula bela negara di Pusdikif Pusenif Cipatat di hadiri oleh para Danpussen, para Dir/Dan Pus/Cab/Fung Angkatan Darat, para Direktur dan para Danpusdik jajaran Kodiklat TNI AD berjalan dengan aman, tertib, aman dan lancar. (Pen Kodiklat TNI AD)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dankodiklat TNI AD : Berusaha Dapatkan” Sangkur Perak”