TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil Galis Kodim Bangkalan Tanamkan Jiwa Nasionalisme Dikalangan Siswa

By 24 Aug 2015 22:01Kodam V/Brawijaya
5b

Bangkalan, –  Komandan Koramil (Danramil) 10/Galis Kodim 0829/Bangkalan Lettu Inf Sugeng melaksanakan kegiatan  materi Waswasan kebangsaan bertempat di Aula  Madrasah Aliyah Nurul Koromah, Galis Bangkalan Madura, Senin (24/8/2015).

Kegiatan ini yang mendapat perhatian besar peserta yang ikut kegatan ini.   Kegiatan dengan tema “Menanamkan jiwa Nasionalisme dikalangan siswa”, itu diikuti tidak kurang 100 peserta.

Dalam penjelasannya Danramil menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan merupakan pancaran falsafah ideologi suatu bangsa secara utuh menyeluruh, menjiwai perumusan kebijakan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Wawasan Kebangsaan harus dikembangkan dalam nila-nilai bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara, tegasnya,” katanya.

Selanjutnya, memantapkan pilar-pilar kebangsaan seperti Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar Negara RI, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, maka pilar-pilar utama tersebut telah menjadi bagian kehidupan berbangsa dan bernegara sepanjang masa.

“Kemudian mantapkan nasionalisme kita dengan mewujudkan kerukunan dan keharmonisan dalam kehidupan di masyarakat. Selain itu jangan ingkari Sumpah Pemuda 1928, jangan tinggalkan Nilai Nilai Luhur Pancasila, dan jangan alergi dengan Bhinneka Tunggal Ika. TNI dan generasi muda mempunyai visi yang sama tetap tegaknya NKRI dan menjaga tetap kokohnya Pancasila dan Pilar-pilar kebangsaan lainnya,” tandas Danramil.

Hadir dalam acara tersebut  Kepala UPT  Dinas Pendidikan Galis,  Kepala Sekolah dan para Guru Madrasah Aliyah Nurul Koromah, anggota Koramil dan perwakilan masyarakat setempat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil Galis Kodim Bangkalan Tanamkan Jiwa Nasionalisme Dikalangan Siswa