TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 044/Gapo Pimpin Sertijab Dandim 0402/Oki, Kasi Operasi Dan Kasi Personel Korem 044/Gapo

By 03 Aug 2015 19:33Kodam II/Sriwijaya
OKIS11

 

Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki memimpin serah terima jabatan Dandim 0402/OKI Letnan Kolonel Inf M. Arif Suryandaru kepada Letnan Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra, selanjutnya Letnan Kolonel Inf m. Arif Suryandaru akan menjabat sebagai Waasops Kasdam II/Sriwijaya dan Letnan Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra sebelumnya menjabat sebagai Danyonkav 5 Serbu Kodam II/Sriwijaya, sedangkan Letkol Inf Gambuh Sri Karyanto, A.Md sebelumnya menjabat sebagai Kasi Personel Korem 044/Gapo selanjutnya akan menjabat sebagai Danyonif 144/Jaya Yudha Korem 041/Gamas di prov. Bengkulu, untuk Kasi Operasi Letnan Kolonel Inf Wahyu Hadi Soebaryo, S.Sos sebelumnya menjabat sebagai Pabadya Operasi Kasdam II/Sriwijaya dan Kasi Personel 044/Gapo Letkol Caj Drs. Syafaruddin sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Lurjahril Sperdam II/Sriwijaya, dihadiri oleh Kasrem 044/Gapo, para Dandim jajaran Korem 044/Gapo, para Dan/Ka balak Korem 044/Gapo, para Kasi, Pasi, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 044/Gapo serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 044 PD II/Sriwijaya beserta para pengurus yang dilaksanakan pada senin 3/8/2015.

Dalam amanatnya Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki menyampaikan bahwa Alih tugas dan jabatan merupakan hal biasa dalam lingkungan  TNI AD, demikian juga untuk jajaran Korem 044/Gapo, hal ini juga untuk penyegaran organisasi Korem 044/Gapo serta untuk pengembangan karier bagi Perwira yang melaksanakan alih tugas.

Jabatan Dandim merupakan kepanjangan tangan Danrem dalam bidang penyelenggaraan fungsi-fungsi tugas satuan, sehingga keberadaan Dandim sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas  dan  tanggung  jawab  Komandan Korem.

Kodim 0402/OKI sebagai salah satu satuan jajaran Korem 044/Gapo, keberadaannya memiliki tugas dan peran penting dalam mendukung tugas pokok Korem 044/Gapo terutama untuk mewujudkan  pertahanan  negara di daerah. Kodim 0402/OKI memiliki 14 Koramil di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tugas dan peran penting yang dimiliki oleh Kodim 0402/OKI sangat vital mengingat kondisi wilayahnya yang cukup luas serta posisinya sebagai wilayah penyangga Kota  Palembang,   Ibu   Kota   Provinsi   Kota   Sumatera Selatan, yang sarat dengan berbagai dinamika kehidupan yang sangat kompleks.

Tantangan tugas yang berat dan harus disikapi oleh Komandan Kodim 0402/OKI antara lain ialah : illegal Teapping, pembakaran   lahan   dan   hutan yang dapat menyebabkan bencana asap, serta menyukseskan program upaya khusus Kementerian Pertanian RI dalam rangka mendukung  ketahanan  pangan   untuk  mewujudkan   swasembada  pangan  di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir serta Pemilihan Kepala Daerah Serentak untuk Kabupaten Ogan Ilir.

Untuk itu Komandan Kodim 0402/OKI dituntut lebih peka dan memiliki naluri Binter yang lebih sensitif, sehingga mampu membaca setiap fenomena gejolak yang muncul di tengah  kehidupan masyarakat dan terus mampu mensinergikan program kerja Kodim dengan program kerja Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir  dan  Pemerintah  Kabupaten  Ogan Komering Ilir dalam rangka mensukseskan pelaksanaan tugas Binter di wilayah Kodim 0402/OKI.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 95 tahun 2015 akan dilaksanakan di wilayah Kodim 0402/OKI dengan sasaran fisik membangun jembatan gantung, dalam rangka membuka keterisolasian wilayah guna membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Demikian juga tantangan tugas Perwira Staf Korem 044/Gapo yang kian kompleks, dinamis dan berkembang, tentunya mengharuskan setiap pejabat agar lebih profesional dan proporsional serta berdisiplin dalam melaksanakan tugas.

Tugas-tugas Kasi Ops Korem 044/Gapo mempunyai peran penting dan Strategis  dalam membangun profesionalitas keprajuritan terutama dalam hal peningkatan kesiapan operasional satuan.

Staf Operasi dituntut untuk mampu menjalankan  fungsinya secara optimal, terutama dalam bidang perencanaan latihan, operasi dan organisasi satuan yang ada dan penyiapan kekuatan satuan.

Staf Operasi juga berkewajiban untuk membina kemampuan dan kekuatan tempur satuan, utamanya satuan Yonif 141/AYJP, sehingga tercipta satuan Tempur dan Teritorial yang handal.  Oleh  karenanya, upaya pembinaan satuan secara konseptual dan sistematis perlu dilaksanakan secara terus menerus dan terpadu, sehingga seluruh satuan senantiasa dalam keadaan siap dan dapat digerakkan setiap saat secara optimal.

Begitu juga dengan bidang personel yang bertugas menyelenggarakan fungsi  Staf di bidang pembinaan personel, pembinaan administrasi, dan urusan dalam, pembinaan kesejahteraan moril anggotanya, Binkumtatib dan pembinaan Persit.

Sebagai unsur pelayanan, maka keberadaan Kasi Personel diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik  terhadap personel Korem 044/Gapo beserta jajarannya.

Dengan demikian, Staf personel senantiasa dituntut untuk mampu menempatkan personel dalam jabatan yang sesuai dengan kualifikasi kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing personel, sehingga prinsip the right man on the right place benar-benar terwujud. Demikian tegas Danrem 044/Gapo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 044/Gapo Pimpin Sertijab Dandim 0402/Oki, Kasi Operasi Dan Kasi Personel Korem 044/Gapo