TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 083/Bdj Pimpin Rakor Penanggulangan Dampak Kekeringan Serta Pencapaian Target Serapan Gabah

By 28 Aug 2015 15:14Kodam VI/Mulawarman
DSC_2497

Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P. memimpin rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan dampak kekeringan dan upaya pencapaian target luas tanam serta pencapaian target serapan gabah di wilayah Korem 083/Bdj, bertempat di Aula Untung suropati Korem 083/Bdj, Jum’at (28/8/2015).

Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan penanganan bersama untuk mengatasi dampak bencana kekeringan akibat musim el nino yang saat ini melanda sebagaian wilayah malang. Untuk itu, guna menjaga produktivitas pertanian agar tidak terganggu maka perlu mengingat target luas tanam yang telah ditentukan untuk bulan April s.d. September 2015 hasilnya dapat tercapai dengan optimal.

Dalam sambutan Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P.  menyampaikan bahwa program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi prioritas untuk bersama-sama membantu mensukseskan karena persoalan pangan sangat vital bagi kehidupan suatu Negara, artinya negera itu dikatakan makmur dan sejahtera salah satu tolokukur yang dapat dilihat dari kemampuan negaranya untuk menyediakan sumber-sumber pangan bagi rakyatnya.

Lebih lanjut, Danrem 083/Bdj menyampaikan di wilayah Korem 083/Bdj yang terbagi dalam 9 Kodim memiliki jumlah lahan tanam pertanian yang tersedia seluas 287.881,4 Ha telah terpenuhi target seluas 250.718,8 Ha sedangkan untuk Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) yang tersedia dan tersebar dipergunakan oleh petani di wilayah Korem 083/Bdj sebanyak 675 unit hand traktor dan 210 unit pompa air. Sementara itu terdapat 4.628 kios pupuk, 125 kios distributor dan 29 unit gudang penyimpanan gabah yang tersebar di wilayah Korem 083/Bdj.

Dengan melihat hal tersebut tentunya diperlukan upaya-upaya khusus dari semua instansi terkait termasuk babinsa yang memiliki tugas pendampingan kepada para petani, seperti melakukan koordinasi dengan petugas penyuluh lapangan Dinas Pertanian, pemanfaatan sarana irigasi yang ada secara maksimal agar tetap dapat mengairi tanaman, penggunaan sarana dan prasarana pertanian bantuan dari pemerintah secara maksimal dan pengawasan terhadap distribusi pupuk serta melakukan koordinasi dengan Bulog agar berkomitmen untuk membeli hasil panen para petani sesuai dengan harga di pasar.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI, Kepala Dinas Pertanian Prov. Jawa Timur, Kepala bidang produksi tanaman pangan dan bidang sarana dan prasarana dinas pertanian Prov. Jatim, Kepala dinas pertanian Kota/Kab. Beserta kepala bidang produksi tanaman pangan, Kepala bidang sarana dan prasarana pertanian dan Koordinator POPT Se-wilayah Korem 083/Bdj, Kepala Dinas PU pengairan/SDA Kota/Kab. Se-Wilayah Korem 083/Bdj, Kepala STTP Malang, Kepala Bulog Sub Divreg Se-wilayah Korem 083/BDj, Pgs. Kasrem 083/Bdj beserta para Dandim jajaran Korem 083/Bdj, Para Pabung dan Pasi Ter Kodim jajaran Korem 083/Bdj. (Penrem 083/Bdj)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 083/Bdj Pimpin Rakor Penanggulangan Dampak Kekeringan Serta Pencapaian Target Serapan Gabah