TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dansatgas Pamtas Yonif 521/DY Menghadiri Pembukaan Jambore Cabang IV Kalimantan Utara Tahun 2015

By 15 Aug 2015 10:18Kodam V/Brawijaya
IMG20150814090004

Nunukan – Dansatgas Pamtas Yonif 521/DY Letnan Kolonel Inf Slamet Winarto, S.E. pada hari Jum’at, 14 Agustus 2015 Pukul 08.00 menghadiri Upacara pembukaan Jambore Cabang IV dalam rangka Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke – 54 Tahun 2015  yang bertempat di Bumi perkemahan Aji Bandara Desa Binusan Nunukan Kalimantan Utara dengan Tema “ Kubangun Jiwa dan Ragaku untuk Negeriku” dan Motto “Satyaku Kudarmakan, Dharmaku ku Baktikan” serta tekad “Disiplin, Berani dan Setia”, Jum’at 14/08/2015.

Upacara Pembukaan jambore diikuti oleh 623 peserta Pramuka Jambore se – Kalimantan Utara dan 81 peserta Pramuka dari Negara Malaysia, Bertindak sebagai Pembina Upacara Plt. Gubernur Provinsi Kalimantan Utara selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Prov. Kaltara Drs. Triyono Budi Sasongko, M.Si. Pembukaan acara tersebut dihadiri oleh Bupati Nunukan Drs. Basri, M.Si., Ketua DPRD Kab. Nunukan H. Dani Iskandar, Wakil Bupati Nunukan Hj. Asmah gani, dan Muspida serta pejabat daerah Kab Nunukan.

Kegiatan Jambore tersebut dilaksanakan sampai dengan tanggal 19 Agustus 2015 dengan berbagai macam kegiatan yaitu Mental Spiritual, Seni Budaya dan Wawasan (Api Unggun, Pentas seni, Karnaval, Apresiasi Film, Forum Penggalang, Wawasan Bela Negara, Penanggulangan Bencana, Penanggulangan Narkoba & HIV AIDS), Petualangan dan Ketangkasan serta Pengetahuan, Kreativitas dan Bakti. Pada acara pentas seni masing-masing kontingen menampilkan Tari Kreasi daerah yang nantinya akan dilombakan serta dimeriahkan pula oleh tamu dan masyarakat. Dalam acara Jambore juga dilaksanakan Karnaval Budaya yang dilaksanakan di pusat Kota Kab. Nunukan dengan diikuti oleh seluruh peserta kontingen dengan menggunakan pakaian Khas Daerah dan juga membawa bendera/spanduk Kontingen.

Sesuai dengan tema yang diambil yaitu “Kubangun Jiwa dan Ragaku Untuk Negeriku” kegiatan – kegiatan yang disajikan dalam Jamcab 2015 diarahkan pada pengembangan diri, pengetahuan dan kecakapan, memupuk jiwa persaudaraan, cinta lingkungan serta berkembang jiwa sosialnya guna mencapai keinginan dimasa depan. Variasi kemasan kegiatan menggambarkan bentuk kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif dan penuh tantangan.

Pada sambutan Bupati Kab. Nunukan selaku Ka Mabicab menyampaikan melalui Jambore ini, marilah kita perkuat ikatan tali silahturahmi antar sesama anggota pramuka dan terlebih khusus kepada pengakap asal Malaysia. Mari kita buktikan bersama melalui gerakan pramuka dua Negara bisa mempererat tali silahturahmi dan hidup rukun serta damai. Ingatlah pesan bapak pramuka dunia kita Baden Powe “ Bahwa Seluruh Anggota Pramuka Adalah Saudara Dalam Satu Keluarga, Tidak Ada Yang Bisa Memisahkan Kita”.

Turut berpartisipasi pada acara Jamcab 2015 Pasiter Satgas Pamtas Yonif 521/DY Lettu Inf Feri Tuispani, S.H., Patop Kapten Inf Agung Prabowo, Pasiops Lettu Inf Prayitno dan Anggota Satgas Pamtas Yonif 521/DY, Selain sebagai pendukung kegiatan Jamcab 2015, Satgas Pamtas Yonif 521/DY juga membuka Stand Pameran guna memberi wawasan kepada peserta jambore dan masyarakat sekitar untuk memahami tentang Alutsista, Aloptik serta perlengkapan perorangan dari Satgas Pamtas Yonif 521/DY dalam melaksanakan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI – Malaysia. Selain Membuka Stand Satgas Pamtas Yonif 521/DY juga memberikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada peserta Jambore guna memupuk jiwa nasionalisme yang tinggi pada diri peserta Jamcab 2015.

Dansatgas Pamtas Yonif 521/DY Menghadiri Pembukaan Jambore Cabang IV Kalimantan Utara Tahun 2015