TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kepala Staf Kodam XVI/Ptm Kunjungi Malut, Buka Latgulben

By 24 Aug 2015 13:55Kodam VI/Mulawarman
IMG-20150823-WA0039

Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI M. Bambang Taufik  Kunjungi Maluku Utara dalam rangka membuka latihan penanggulangan bencana (Latgulben) yang akan digelar di Kota Ternate, Minggu (23/08).

Kasdam XVI/Ptm yang didampingi oleh  Asisten Logistik, Pa Ahli, Pabanda Ops tiba di Bandara Sultan Babullah dengan menggunakan pesawat Cassa milik TNI AD dijemput Oleh Danrem 152/Bbl Kolonel Inf Syafrial, psc, Pjs.Walikota Ternate, Para Dandim, Para Dan/Kabalak serta Kasi/Pasi jajaran Korem 152/Bbl. Kasdam kemudian mengikuti tradisi Joko Kaha.

Latihan Penanggulangan Bencana yang akan digelar selama 3 hari dari tanggal 24 s.d 27 Agustus 2015, Kodim 1501/Ternate sebagai pelaksana sedangkan Korem 152/Babullah sebagai penyelenggara, dalam latgulben diperumpamakan wilayah Kota Ternate sedang terkena bencana Gunung berapi Kodim 1501/Ternate sebagai pelaku dituntut agar dapat mengambil tindakan preventiv baik proses evakuasi korban, penanganan pengungsi hingga tindakan-tindakan strategis yang perlu diambil dengan senantiasa bersinergi dengan instansi lintas sektoral sehingga penanganan bencana dapat berjalan secara efektif dan maksimal.

Dalam keterangan persnya Kapenrem 152/Bbl menyampaikan bahwa Kunjungan Kerja Kasdam XVI/Pattimura ke wilayah Kota Ternate untuk membuka dan mengawasi kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Kodim 1501/Ternate, Latgulben sendiri untuk kali ini mengambil simulasi terjadinya Bencana Gunung Merapi, sesuai letak geografis Ternate yang berada lereng Gn. Gamalama yang terakhir ini menunjukan peningkatan aktivitas, sehingga pelaksanaan Latgulben sendiri akan dilaksanakan se real mungkin dengan melibatkan unsur Pemerintah Daerah, Kepolisian, BNPBD, BMVBG, BMKG, Basarda, PMI, Tagana dan unsur lainnya sesuai tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bahwa TNI bertanggung jawab dalam penanganan bencana alam. Oleh sebab itu diharapkan seandainya wilayah ini terkena bencana alam masing-masing instansi telah siap dan “In Mind” dalam penanganan maupun tindakan yang perlu diambil. (Pendam 16)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kepala Staf Kodam XVI/Ptm Kunjungi Malut, Buka Latgulben