TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Swj Galakkan Program Circuit Training

By 04 Aug 2015 16:20Kodam II/Sriwijaya
3

Palembang, (Pendam II/Swj).

Dalam rangka pembinaan prajurit guna menjaga kondisi dan stamina fisik yang prima serta membentuk postur tubuh yang ideal, segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swg se-Garnisun Palembang, Selasa  (4/8/2015) melaksanakan program circuit training bertempat di lapangan Garuda Jaya, Jasdam II/Swj Km – 9 Palembang.

Perlu diketahui bahwa program circuit training (CT) merupakan program latihan yang dilaksanakan secara rutin di lingkungan TNI AD guna memelihara dan mempertahankan serta meningkatkan kesegaran jasmani prajurit. Dengan pembinaan CT secara rutin, maka akan terhindar dari terjadinya sudden death.
Sebelum pelaksanaan kegiatan circuit training, segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj terlebih dahulu melaksanakan tes denyut nadi dan senam pemanasan. Dalam kegiatan circuit training yang dipimpin oleh Perwira Jasdam II/Swj, prajurit dan PNS Kodam II/Swj termasuk seluruh pejabat Kodam II/Swj dibagi menjadi 4 kelompok, yakni kelompok I : PNS, kelompok II prajurit umur antara 18 s.d 35 tahun, kelompok III umur 36 s.d 45 tahun  dan kelompok IV umur 46 tahun keatas. Selanjutnya, masing-masing kelompok menuju ke zona masing-masing untuk melaksanakan kegiatan Circuit Training sesuai dengan aba-aba  pelatih dari Jasdam II/Swj Selanjutnya, seluruh anggota sesuai kelompoknya melaksanakan circuit training yang dilakukan secara berurutan,  diawali dengan jogging sejauh 800 meter. Kemudian para peserta dibagi kedalam empat pos yang terdiri dari lari sprint 100 M, Pull Up, Shit Up dan Push Up. Untuk melaksanakan perpindahan pos para peserta hanya diberi waktu dua menit, oleh karena itu saat melaksanakan perpindahan para peserta diharuskan jogging agar bisa mengejar target waktu yang sudah ditentukan. Kegiatan circuit training ini dilaksanakan selama 30 menit terus menerus, termasuk didalamnya 5 menit untuk melakukan pelemasan.
Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simandjuntak, S.I.P., usai mengikuti latihan menjelaskan bahwa  circuit training akan dilaksanakan secara rutin tiap minggu, agar stamina fisik prajurit Kodam II/Swj selalu prima. Circuit training, sambung Kasdam  akan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sesuai dengan tingkat kemampuan anggota. “Laksanakan pembinaan fisik dengan gembira, penuh semangat dan ikhlas”, tandasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Swj Galakkan Program Circuit Training