TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0716/Demak dan Polres Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

By 25 Aug 2015 12:43Kodam IV/Diponegoro
2508201515
KODIM 0716/DEMAK – Polres Demak bersama Kodim 0716/Demak serta jajaran Istansi terkait menggelar simulasi pengamanan pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Pantauan kegiatan simulasi berlangsung di halaman Kantor KPU kota Demak, Jum’at(21/8).
Tampak massa yang diasumsikan sebagai penyulut kerusuhan berkumpul dan mendengarkan orasi di TPS 02 Desa Bintoro Demak setempat dan selanjutnya diajak bernegosiasi. Namun, lantaran tidak mendapat kata sepakat, massa mulai bergerak menuju kantor KPU Kota Demak yang berada tidak jauh dari TPS 02 Desa Bintoro Demak itu, sementara petugas Satpol PP dan polisi sigap menghadang dan merapatkan barisan.
Tim negosiator dari personel Polwan Polres berusaha meredam emosi massa melalui pengeras suara dari mobil komando. Situasi yang menegangkan tersebut akhirnya berujung ricuh. Massa mulai berbuat rusuh dengan melempari aparat. Bentrok pun tidak terhindarkan. Hingga akhirnya massa disemprot air dari kendaraan “water canon” dan personel penumpas huru hara Polres berhasil memukul mundur para demonstran.
Sedangkan tema dari kegiatan simulasi ini adalah “Melalui Latihan Sispamkota dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2015, Kita Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme Personil Dalam Rangka Mengamankan Pilkada Kab. Demak Th. 2015”
Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Demak Drs. H.M Dachirin Said, Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P, Ketua KPU Demak Mahmudi, S.Ag M.Fil.I, Ketua Panwaslu Demak Khoerul Sholeh, Kepala Satpol PP Demak Yulianto, seluruh jajaran Kapolsek se kab. Demak dan tamu undangan lainnya.
Kapolres Demak AKPB Heru Sutopo S.I.K yang didampingi Kasub Bag Sarpras Mabes Polri Kombes Elan Subelan dan menyaksikan simulasi tersebut menjelaskan, kegiatan pelatihan pengendalian masyarakat (dalmas) itu dilaksanakan dalam rangka pra operasi Mantap Praja untuk persiapan pengamanan Pilkada Demak 2015.
“Kejadian ini merupakan bagian dari simulasi pengamanan pilkada. Secara keseluruhan simulasi ini berjalan lancar. Kami berharap tidak ada kejadian serupa dalam pilkada nanti,” kata Heru. Ia menambahkan, personel yang dilibatkan dalam simulasi ini, yakni sebanyak 400 orang dari Polres dan Kodim 0716/Demak.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0716/Demak dan Polres Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada