TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Komandan Korem 043/ Garuda Hitam : Masyarakat Itu Center Of Gravity

By 31 Aug 2015 06:28Kodam II/Sriwijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

    Bandar Lampung. Komandan  Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Inf  Joko P Putranto  menyebut masyarakat sebagai Center of Gravity. Pemahaman itu yang mendasari seluruh program dan kegiatan yang akan dilakukan Korem 043 Garuda Hitam sepanjang dia memimpin. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Silaturahmi Danrem 043 Garuda Hitam bersama perwakilan berbagai jenis media yang ada di Provinsi Lampung di Ruang Tamu kantor Danrem Makorem 043 /Garuda Hitam Jl Teuku Umar Bandar Lampung, Jumat 28 Agustus 2015.

Penduduk  atau  masyarakat sebagai center of gravity. Ini istilah yang berasal dari buku bacaan wajib militer Amerika. Untuk memenangkan hati masyarakat menjadi cara untuk memenangkan kegiatan apapun yang dilakukan Korem 043 dan jajaran. Kaitannya dengan pembinaan teritorial dimana peran masyarakat sangat penting, ujar Danrem.

Lebih lanjut Kolonel Inf  Joko P Putranto  menyampaikan bahwa selama kepemimpinannya kedepan sebagai Danrem 043 Garuda Hitam tidak ada ego sektoral. Tidak ingin one man show         jika sesuatu terjadi.  Semua  kejadian  ada  porsinya  sendiri. Begitu juga dengan Korem dan jajaran jika  ada  yang terjadi nanti. Sebagai contoh diluar sana masih banyak senjata ilegal. Korem dan jajaran dengan jaringan yang ada ikut proaktif menarik sebanyak mungkin senjata ilegal itu dari masyarakat. Nanti saat waktunya pas, senpi  ilegal  hasil  persuasif  pada masyarakat itu kami gelar dan tunjukkan pada masyarakat dan media,  tegasnya lebih lanjut.

Hubungan dengan media juga diangkatnya. Rekan wartawan adalah partner. Kami membuka diri  terhadap wartawan. Pertemuan ini bukan kali pertama selanjutnya akan dijadwalkan dengan bahasan topik berbeda. Saya ijinkan media kalau ingin bertanya lebih lanjut silahkan langsung bertanya secara personal,  katanya pada para awak media.

Pada kesempatan yang baik itu,  Kolonel Inf  Joko P Putranto    juga memperkenalkan dirinya pada perwakilan awak media.  Perjalanan karir pria yang baru menjabat dua minggu sebagai      Danrem 043 Garuda Hitam juga diurainya komplit.  Kebanyakan  penugasan  saya selama  ini berada di satuan Kopasus. Saya pernah jadi Komandan Batalyon di Batam pada 2004. Selain menjalani pendidikan didalam  negeri  seperti alumni Seskoad pada 2004. Saya pernah sekolah juga di California dan Virginia. Pernah  mendapat  penugasan  di Kostrad.  Pernah juga jadi dosen di Seskoad walau sebentar. Sebelum jadi Danrem sekarang, sebelumnya saya menjabat Danrindam II/Sriwijaya,  paparnya membuka sedikit perjalanan kariernya.

Dengan lugas dia juga mengakui belum pernah sekalipun mendapat jabatan sebagai Komandan Kodim. “Seumur hidup saya selama penugasan saya lebih banyak berhadapan dengan prajurit dan pimpinan saya. Jabatan ini membuat saya lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat langsung. Dan rasanya terus terang sangat  menyenangkan. Senang sekali interaksi langsung dengan masyarakat seperti  kemarin ikut panen raya di wilayah Metro,  katanya diakhir pemaparannya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Komandan Korem 043/ Garuda Hitam : Masyarakat Itu Center Of Gravity