TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Sebagai Ujung Tombak Sishankamrata

koramil

Padang (04/08/2015), Danramil 04/Luak Kodim 0306/50 Kota Kapten Inf Sunarko, melaksanakan pembinaan kepada seluruh personel yang tergabung dalam Linmas Kecamatan Luak dan Situjuh Limo Nagari sebagai salah satu komponen Bangsa yang harus disiapkan dalam Sishankamrata, kegiatan ini di pusatkan di Lapangan Tanah sirah Nagari Andaleh.

Dalam upaya pertahanan dan keamanan, Negara kita menganut doktrin Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang merupakan upaya pengerahan seluruh kekuatan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mengamankan segala usaha untuk mencapai tujuan nasional.

Di dalam kerangka Sishankamrata (berdasarkan UU no 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dinamakan Siatem Pertahanan Semesta), Koramil mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dan Perlawanan Rakyat yang meliputi pembinaan geografis, demografis dan kondisi sosial dalam rangka menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh di daerahnya untuk kepentingan Pertahanan Keamanan Negara (Hankamneg).

Dalam kesempatan terpisah Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri S, meyampaikan bahwa Tugas Koramil adalah menyelenggarakan binter dalam rangka mendukung tugas pokok kodim, dengan demikian koramil menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) di wilayah melalui berbagai macam kegiatan,diantaranya melaksanakan pembinaaan kesadaran berbangsa dan bernegara melalui pemahaman yang mendalam tentang tatanan nilai-nilai kebangsaan,serta pembinaan kesadaran bela negara dan cinta tanah air melalui pemahaman yang mendalam tentang sejarah dan jati diri bangsa Indonesia.

Koramil merupakan bagian penting dari kerangka strategi konseptual dari tugas TNI AD di bidang pertahanan darat yang berfungsi sebagai ujung tombak pembinaan perlawanan rakyat untuk mendukung ketahanan wilayah dari kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengingat begitu pentingnya peran Koramil dalam penyelenggaraan Binter di suatu wilayah maka Dandim menekankan kepada seluruh Danramil yang berada dibawah Komandonya untuk senantiasa melakukan kegiatan ini secara terus-menerus dan berkelanjutan, sehingga tercipta Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh di daerahnya guna kepentingan Pertahanan Keamanan Negara (Hankamneg).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Sebagai Ujung Tombak Sishankamrata