TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 161/Wira Sakti Gelar Seminar Kebangsaan

By 31 Aug 2015 16:23Kodam IX/Udayana
BK4_0888

Guna menggugah kembali pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan memperkokoh tertanamnya semangat nasionalisme serta patriotisme, pada hari Senin (31/08/15) bertempat di aula serba guna Korem 161/Wira Sakti digelar  seminar kebangsaan bagi Prajurit TNI dan Polri, Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh agama (Toga), Tokoh Adat (Todat), anggota Menwa, FKPPI, para Mahasiswa serta pelajar se-Garnizun Kupang.

Komandan Korem 161/Wira sakti Brigadir Jenderal TNI Heri Wiranto, S.E., M.M dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada seluruh peserta seminar dan juga para undangan tentang kondisi bangsa Indonesia dihadapkan pada berbagai ancaman yang sangat kompleks, baik dari dalam maupun dari luar, sebagai dampak dari globalisasi dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara  perlahan akan memudarkan rasa kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme.

Dengan demikian dikhawatirkan akan berdampak pada  hancurnya tatanan kehidupan bangsa Indonesia, mengancam kokohnya      rasa    persatuan   dan   kesatuan,   melemahkan benteng ketahanan nasional yang merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Danrem 161/WS juga mengatakan bahwa Seminar Kebangsaan tersebut dilaksanakan tepat di bulan Agustus sejalan dengan momentum peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 tahun 2015, selain sebagai moment untuk bersilaturahmi, memperkokoh persatuan dan kesatuan serta membangun kebersamaan dan persaudaraan juga sebagai wahana untuk menyatukan pemahaman, gerak, langkah dan tindakan, utamanya di antara generasi muda bangsa dalam menghadapi ancaman nyata bangsa indonesia menuju tercapainya indonesia emas 2045, yang sangat relevan dengan tema seminar yaitu : Memperkokoh Penerapan Nilai Luhur Budaya Bangsa, sebagai Modal Utama Menuju Indonesia Emas 2045.

Acara seminar kebangsaan di Korem 161/WS menyajikan tiga materi antara lain : Proxy War yang dalam penyajiannya disampaikan langsung oleh Danrem 161/WS, Peran Pemuda dalam Pertahanan Negara disajikan oleh Ka. Kesbangpol Prov. NTT Bapak Kornelis Pandang serta materi Wawasan Kebangsaan disajikan oleh Bapak Yufensius Tukung dari DPRD kota Kupang. Usai penyajian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Hadir pada acara seminar kebangsaan Korem 161/WS antara lain : Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang Profesor Fred Benu, Kepala Kesbangpol NTT Dra.  Sisilia Sona, Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Adrianus S.A. Nugroho, para Kepala Seksi Korem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, para Kabalak Aju Korem 161/Wira Sakti, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, para Prajurit TNI dan Polri se-Garnizun Kupang, para anggota Menwa dan FKPPI serta para Mahasiswa dan Pelajar.(Penrem 161)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 161/Wira Sakti Gelar Seminar Kebangsaan