TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Minggu Militer Membentuk Disiplin Dan Mengembalikan Jati Diri Prajurit

By 26 Aug 2015 07:10Kodam II/Sriwijaya
IMG_1683
Palembang, (Pendam II/Swj).
Kegiatan Minggu Militer yang dilaksanakan Minggu ke-4 pada setiap bulan bukan sekedar hanya ganti baju saja, dari Pakaian Dinas Harian (PDH) diganti menjadi Pakaian Dinas Lapangan (PDL) alias Pakaian Loreng. Tetapi, Minggu Militer membentuk disiplin dan mengembalikan Jati Diri Prajurit yang sebenar-benarnya.
Demikian disampaikan Aslog Kasdam II/Swj Letnan Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto, Selasa (25/8/2015) dihadapan segenap Prajurit Tamtama, Bintara dan Perwira jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang, pada apel Minggu Militer di Lapangan Apel Makodam II/Swj Km, 2,5 Palembang.
Kegiatan Minggu Militer pada hari kedua tetap difokuskan pada materi Permildas sebagai bentuk pemeliharaan kemampuan dan tingkat keterampilan prajurit dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.
Usai kegiatan apel, dibawah Koordinator Perwira Jasdam II/Swj, seluruh prajurit Kodam II/Swj melaksanakan test denyut nadi, senam peregangan dan senam pemanasan. Selanjutnya, dengan formasi berbaris dibagi menjadi 5  kelompok yakni, kelompok Tamtama, Bintara, Kowad (Korp Wanita Angkatan Darat), Pewira Pertama (Pama) dan terakhir kelompok Perwira Menengah (Pamen).
Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.M., yang saat itu hadir berada didepan peserta Minggu Militer memerintahkan, agar tiap-tiap kelompok prajurit yang sudah dibagi sesuai golongan tersebut melaksanakan latihan PBB dan merapikan perlengkapan.
“Bagi kelompok prajurit yang melaksanakan kegiatan dan meletakkan perlengkapannya dengan rapih, akan mendapatkan hadiah dari saya, tentunya sesuai dengan kriteria dan syarat yang sudah ditentukan”, ujar Kasdam.
Ketika kegiatan dimulai, seluruh kelompok prajurit dengan penuh gembira dan semangat melaksanakan latihan merapikan perlengkapan. Tiba saatnya penilaian, tanpa diduga kelompok Tamtama mendapat Juara-I, Kelompok Pama Juara-II, Kelompok Bintara Juara-III, kelompok Pamen Juara-IV dan kelompok Kowad Juara-V.
 “Bukan dari menang kalahnya yang kita nilai disini, apa makna yang kita ambil dari kegiatan ini?. Kalian dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik”, tandas Asrendam II/Swj Kolonel Arm Dedi Jusnar Hendrawan. “Dan untuk itu, nantinya kalian harus dapat menerapkannya disatuan masing-masing”, ujarnya.
Selanjutnya,  Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Pa Staf Ahli Pangdam II/Swj, Dan/Ka Balakdam II/Swj dan segenap prajurit Kodam II/Swj menuju ke Gedung Sudirman untuk menerima materi penyegaran tentang, Peraturan Dinas Tentara (PDT dan Peraturan Dinas Garnizun (PDG).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Minggu Militer Membentuk Disiplin Dan Mengembalikan Jati Diri Prajurit