TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Jaya,”Kodam Jaya Selalu Kawal dan Sukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional”

By 27 Aug 2015 07:28Kodam Jaya
cad160d4effc44a9fca671225514f4f5

Beras merupakan komoditas strategis ditinjau dari aspek sosial, ekonomi dan politik. Hal ini karena beras merupakan makanan pokok hampir semua penduduk Indonesia. Kecukupan pangan merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Produksi padi di Indonesia tahun 2015 sebesar 75,57 juta ton GKG dengan neraca beras diperkirakan surplus 10,57 juta ton beras yang dikelola dengan sebaik-bainnya untuk menjamin ketersediaan pangan nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut TNI pun dengan semangat mensukseskan Program ketahanan tersebut dengan menerjunkan prajurit-prajuritnya untuk membantu dan menjadi pendamping para petani dan menggarap sawah demi tercapainya Program Ketahanan Pangan Nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Pangdam Jaya, Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E., yang saat ini juga menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD menghadiri Rapat terbuka lanjutan Penyerapan Gabah/Beras Untuk Cadangan Nasional yang dipimpin oleh Menteri Pertanian Bapak Andi Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, bertempat di Kantor Kementrian Pertanian RI, di Ragunan Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan ini Letjen TNI Agus Sutomo, S.E., menyampaikan “Ini bagian dari upaya TNI dalam mewujudkan swasembada pangan. Melalui lahan milik TNI area Kodam Jaya ini kami manfaatkan secara baik untuk menanam padi. Nantinya hasil panen tersebut akan difokuskan dan disalurkan pada pasokan kebutuhan masyarakat secara jangka panjang” terang Pangdam.

Saat ini Kodam Jaya melalui Satuan Komando Kewilayahan dengan Insan Teritorialny bekerjasama dengan kelompok tani mengembangkan metode tanam sistem IPAD-BO. Sistem tanam IPAD-BO adalah sistem tanam dengan merevitalisasi kualitas dan kesehatan tanah (soil health and quality) serta meningkatkan produktivitas tanaman padi dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan biologis tanah. Dari hasil penelitian sistem ini ternyata mampu menghasilkan padi 8 – 12 ton/ha (peningkatan hasil rata-rata berkisar 50 – 150% dibandingkan dengan system biasa).

Kodam Jaya/Jayakarta selalu mengawal program upaya khusus swasembada pangan, karena program tersebut merupakan program pemerintah pusat dibidang pertanian untuk swasembada pangan secara nasional, sehingga diharapkan dua tahun kedepan negara Indonesia tidak lagi mengimpor beras.

“Para petani dapat melihat dan membandingkan hasil panen padi yang dikerjakan oleh para petani dengan hasil yang diperoleh melalui cara yang dipakai Kodam Jaya saat ini hasil yang didapat jauh lebih banyak” tegas Pangdam.

Rapat ini diikuti oleh segenap Panglima Kodam Jajaran TNI AD, Aster Kasad, Kabareskrim Mabes Polri, Segenap Pejabat Teritorial TNI AD, Perwakilan Kelompok Tani/Petani dari seluruh Indonesia dan Aparat Pemerintahan Daerah. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Pengumuman Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI TNI AD Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Jaya,"Kodam Jaya Selalu Kawal dan Sukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional"