TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/Brawijaya Terima Audiensi Dirjen Prasarana dan Sarana Kementan RI

By 07 Aug 2015 08:11Kodam V/Brawijaya
Foto Bersama Pangdam V Brawijaya, Dirjen Sarpras Kementan RI dan Kol Czi Parwita

Surabaya – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi didampingi Kapendam V/Brawijaya dan Wakil Asisten Teritorial menerima audiensi dari Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Dr. Ir. H. Sumarjo Gatot Irianto, M.S, D.A.A. Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) beserta Kolonel Czi I Nyoman Parwita S. E. (Mabesad) di Ruang Audiensi Kodam V/Brawijaya, Kamis (6/8/2015).

Dalam audiensi tersebut Pangdam menyampaikan bahwa program kerjasama Kodam V/Brawijaya dengan Kementan RI tentang penyerapan padi dari Petani kepada Bulog masih berjalan dan terus ditingkatkan. Untuk pemenuhan target swasembada pangan di wilayah Jawa Timur (sekitar 500.000 ton) Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di desa – desa menjadi tulang punggung untuk mendorong petani agar selalu menjual hasil panennya ke Bulog, ungkap Pangdam.

Menurut Ir. Irianto yang juga merangkap sebagai Ketua Upaya Khusus (UPSUS) penyerapan Padi, Jagung dan Kedelai Nasional bahwa dia juga memiliki tugas lain sebagai penanggungjawab Wilayah Nasional dan Jawa Timur untuk memantau kekeringan. “Saya sudah mengecek dan meninjau sampai ke lapangan dan petani di wilayah Bojonegoro, Tuban dan Lamongan bahwa kondisi pertamanan/Wilayah yang ditanam padi masih aman dan cukup air/pengairannya sampai dengan panen”, ungkap Ir. Irianto.

Lebih lanjut Ir. Irianto menegaskan kepada Pangdam, dari hasil pengecekan di lapangan bahwa lahan yang sedang ditanami padi, jagung dan kedelai yang terhampar di wilayah Jawa Timur pasti tersedia air yang cukup di bawah pengawasan dan pengendalian dari Babinsa, Danramil dan Dinas Pertanian setempat.

Ketua UPSUS ini juga mengimbau kepada para petani seharusnya dan wajib menjual hasil padinya ke Bulog karena selama ini yang membantu petani dalam bercocok tanam adalah Pemerintah dalam hal penyediaan traktor, penyedian bibit, pupuk, jaringan pengairan, penyuluhan sampai dengan pompanisasi, sehingga hasil panen padi/jagung dan kedelai dapat dijual dan diserap oleh Bulog sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan menuju swasembada  pangan secara Nasional.

Ditemui setelah Audiensi, Kapendam V/Brawijaya Letkol Inf Washington S. mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan penjabaran kerjasama antara Kementerian Pertanian dan Kepala Staf Tentara Nasional Angkatan Darat (KASAD) yang dilaksanakan oleh Kodam V/Brawijaya untuk mensukseskan Ketahanan Pangan menuju Swasembada Pangan Nasional. Autentifikasi : Kapendam V/Brawijaya Letkol Inf Washington S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam V/Brawijaya Terima Audiensi Dirjen Prasarana dan Sarana Kementan RI