TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam VI/Mlw Panen Raya Di Gunung Binjai Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur

By 06 Aug 2015 09:14Kodam VI/Mulawarman
20150805n

Balikpapan, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. didampingi Staf Ahli Pangdam, para Asisten, Kabalak Kodam VI/Mlw, Dandim 0905/Bpp, Ketua Persit dan Ibu-ibu Pengurus Persit Daerah VI/Mlw, bersama Walikota, FKPD Kota Balikpapan, Camat Balikpapan Timur, Lurah Teritip dan bersama dengan sejumlah unsur Tokoh Masyarakat melaksanakan panen raya Padi Hibrida di Gunung Binjai Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur. Rabu, (5/8).

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mlw menjelaskan bahwa dalam pembangunan nasional kita, sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam memajukan perekonomian nasional. Sektor pertanian bukan hanya berperan menyediakan bahan pangan, tetapi juga menjadi penopang keberhasilan pengentasan kemiskinan. Sektor pertanian juga menjadi lahan tersedianya lapangan kerja dan sumber pendapatan bagi sebagian besar masyarakat kita.

Kodam VI/Mulawarman dalam hal ini Kodim 0905/Balikpapan berupaya membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah Kota/Dinas Pertanian Kota Balikpapan serta berbagai pihak pelaku pertanian untuk mencapai ketahanan pangan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan produktivitas pangan hasil pertanian dalam waktu 3 tahun.

Oleh karena itu Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian telah menindaklanjuti rencana tersebut dengan berbagai kebijakan dan program, diantaranya ialah program pendayagunaan lahan untuk pertanian, revitalisasi penyuluhan pertanian dan pembiayaan pertanian serta peningkatan penggunaan teknologi pertanian.

Semua itu dilakukan untuk memperkuat Ketahanan Pangan Negara kita, sehingga kita tidak tergantung dari negara lain dan berupaya sekuat tenaga untuk mencapai Kemandirian Pangan.

Kita menyadari bahwa Kemandirian Pangan mustahil dapat terwujud tanpa peran serta dari para petani. Karena itulah, pemerintah telah dan akan terus menerapkan berbagai kebijakan yang berpihak pada para petani. Kebijakan itu antara lain kerjasama dengan TNI untuk mempercepat program Swasembada Pangan.

Dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak menguntungkan saat ini, Angkatan Darat khususnya Kodam VI/ Mulawarman akan senantiasa berupaya mendorong dan menggugah semangat seluruh lapisan masyarakat, agar memanfaatkan lahan yang tidak produktif untuk diolah dan ditanami komoditi tanaman pangan, sehingga masyarakat mampu mencukupi kebutuhannya sendiri di bidang pangan.

Dipenghujung sambutannya, Pangdam VI/Mlw mengajak seluruh komponen bangsa dan masyarakat untuk bekerja sama guna mewujudkan program Ketahanan Pangan yang diprioritaskan pada upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam bidang pangan.

Pangdam VI/Mlw mengucapkan Selamat kepada para petani Gunung Binjai Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur yang telah menghasilkan panen padi jenis Ciherang dan jenis Mikongga yang ditanam pada areal seluas 40 Hektar yang dikerjakan oleh kelompok tani Kelurahan Teritip dan dilakukan pendampingan oleh Babinsa Koramil 0905-03/Balikpapan Timur.

Di tempat yang sama Walikota Balikpapan Rizal Effendi, SE. bahwa, Panen Raya yang dilaksanakan ini tidak lain adalah hasil kerjasama oleh semua pihak termasuk didalamnya adalah Para Babinsa di Koramil Balikpapan Timur.

Saya berharap kerjasama yang sangat baik ini hendaknya terus dilestarikan di daerah-daerah lain.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam VI/Mlw Panen Raya Di Gunung Binjai Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur