TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Parade Cinta Tanah Air Korem 132/Tdl

By 06 Aug 2015 10:01Kodam XIV Hassanudin
cint3

Dalam rangka  membentuk generasi penerus bangsa yang mengerti dan yakin untuk melaksanakan hak dan kewajiban dalam upaya bela negara, Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tengah menggelar lomba debat dan lomba menulis artikel bela Negara tingkat SMA dan sederajat, Rabu (5/8).

Pada pembukaan lomba PCTA ini, Kepala Koordinasi Kemhan Daerah Sulteng Kolonel Inf Firmansyah selaku ketua panitia menyampaikan kepada seluruh hadirin baik peserta lomba maupun para guru pendukung bahwa maksud diadakannya kegiatan lomba Parade Cinta tanah Air di Wilayah Korem 132/Tdl  adalah untuk mengingatkan kembali, mengaktifkan kembali kepada generasi muda.

Dalam sambutannya ketua panitia Kolonel Inf Firmansyah menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya lomba PCTA ini adalah untuk menanamkan dan meningkatkan jiwa cinta tanah air serta kesadaran bela Negara kepada mahasiswa dan pelajar SLTA atau yang sederajat seluruh Indonesia.

Untuk itu, ketua panitia lomba dari Kemenhan mengajak  untuk menyiapkan kepedulian kita, kejujuran, keadilan, sehingga bias menjalani masa remaja dengan baik. Tidak terpengaruh lingkungan, tidak terlibat perkelahian, tidak terlibat narkoba dan sebagainya.Itulah cerminan generasi muda bangsa Indonesia sehingga bias menjadi generasi muda harapan bangsa, harapan orang tua serta harapan lingkungan kita.

Adapun tema pada lomba cerdas cermat bela Negara tingkat SMA dan sederajat  dalam rangka Parade Cinta Tanah Air di wilayah Korem 132/Tdl TA 2015 adalah ”Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda, Kita Tumbuhkan Budaya Maritim Indonesia”.

Tema tersebut terkait dengan pemikiran bahwa potensi maritime telah terinternalisasi dalam perikehidupan bangsa Indonesia yang berbentuk kepulauan. Laut menjelma menjadi bagian dari memori kolektif bangsa yang mewarnai budaya masyarakat. Dengan posisi geopolitik, geostrategis, serta potensi kelautannya, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi poros maritime dunia.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut  digelar di Aula Manggala Sakti Korem 132/Tdl Jln. Jenderal Sudirman No.25 palu dan dihadiri oleh 16 SMA, 48 siswa. Setelah dilaksanakan cerdas cermat oleh para juri maka dari seluruh peserta lomba yang berhasil meraih juara diantaranya: juara I diraih oleh siswa dari SMA Madani Palu dengan total nilai 76,8, juara II diraih oleh peserta dari SMA Negeri 1 palu (A) dengan nilai 75,4 Sedangkan juara III diraih peserta dari SMA Negeri 2 Palu dengan total nilai 72,6. Untuk peserta yang memperoleh juara satu akan dikirim ke Jakarta untuk selanjutnya mengikuti kegiatan Parade Cinta Tanah Air tingkat Nasional.

Turut hadir dalam acara lomba PCTA ini, Kadisdikbud Prov. Sulteng, Kakes bangpol Prov Sulteng, Para Penjabat Korem 132/Tdl dan para Guru Pebimbing. (Pendam 7)

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Dinas Penerangan Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Parade Cinta Tanah Air Korem 132/Tdl