TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pelatihan Bela Negara Di Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha

By 05 Aug 2015 08:09Kodam Jaya
4815 YONI MEKANIS 201 LAT BELA NEGARA

Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha di samping tugasnya sebagai satuan tempur juga mengadakan kegiatan pendekatan terhadap masyarakat hal tersebut sangat penting bagi satuan-satuan khususnya didaerah sekitar ibukota Jakarta demi terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat. Kegiatan seperti ini sering dilaksanakan di satuan Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha di antaranya adalah pelatihan Bela Negara bagi mahasiswa, Joy Ride Ranpur, bhakti sosial di wilayah binaan dan LDKS anak-anak sekolah dari SD,SMP dan SMA Serta karyawan perusahaan diseluruh wilayah D.K.I Jakarta.

Akhir-akhir sering terjadi perpecahan paham kelompok radikal di media sosial maupun di televisi yakni menyampaikan pendapat dimuka umum dengan bertindak anarki serta menganggu kepentingan umum yang lainnya diseluruh wilayah NKRI. Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha melaksanakan program pelatihan Bela Negara bagi mahasiswa lulusan terbaik dari Universitas Negeri di seluruh Indonesia yang akan bekerja di PT.Modernland Realty Tbk serta sebagai generasi muda penerus bangsa agar lebih memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi, disiplin dan tidak mudah terpengaruh gesekan yang sering terjadi oleh kelompok yang dapat merusak moral bangsa dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Program pelatihan Bela Negara yang dilaksanakan oleh Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha adalah sebagai bentuk upaya rasa cinta terhadap bangsa dan Negara serta toleransi saling menghargai ,menumbuhkan kedisiplinan dalam segala hal baik dalam Lingkungan tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha bekerja sama dengan perusahaan Modernlan Realty Tbk. diantaranya pelatihan bela Negara yaitu PBB, beladiri, mountenering, materi wawasan kebangsaan, ,materi kemanunggalan TNI-Rakyat, materi kepemimpinan, Fun Game ( Permainan yang memerlukan kerja sama dan kekompakan kelompok untuk mencapai kemenangan ).

Pelatihan bela negara seperti ini sangat tepat untuk mengubah sifat sikap dan perilaku menjadi lebih baik, materi-materi yang telah diajarkan sangat fungsional untuk mencapai sasaran yang maksimal misalkan materi wawasan kebangsaan bertujuan untuk membentuk karakter manusia agar lebih sadar memperhatikan kepentingan-kepentingan negara daripada kepentingan pribadi, hal ini akan membawa dampak positif bagi para peserta supaya pada saat di perusahaan dapat mempertimbangkan bagaimana pengambilan keputusan yang tepat agar perusahaan tersebut tidak merugikan negara.

Selain materi wawasan kebangsaan, materi proxy war juga lebih akurat dalam memberikan suatu pengertian kepada para peserta tentang hal yang sangat berbahaya saat ini yang terjadi di berbagai negara di dunia, melalui materi ini mereka akan sadar bahwa kehidupan yang terjadi saat ini untuk memecah belah suatu kelompok bukan hanya dengan satu cara saja, akan tetapi bermacam-macam cara untuk memecah belah suatu kelompok tersebut, hal ini sangat berguna bagi para peserta untuk diaplikasikan didalam kehidupan di perusahaan jika suatu saat terjadi perpecahan karena orang lain dapat diatasi dengan mudah.

Hal yang harus diperhatikan didalam kegiatan pelatihan Bela Negara adalah semangat dalam melaksanakan setiap kegiatan yang telah diprogramkan, agar generasi bangsa yang telah di didik dapat maju dan berhasil , mempunyai rasa tanggung jawab tinggi dan mempunyai rasa hormat untuk menghargai atasan dan bawahan ,Serta memiliki rasa cinta terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pelatihan Bela Negara Di Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha