TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penandatangan MOU Antara Kasad Dengan Kabulog

By 07 Aug 2015 15:40Dinas Penerangan
CAH_4628

Dalam rangka peningkatan daya serap gabah, telah ditandatangani Memory Of Understanding antara TNI AD dengan Bulog, oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono dan Dirut Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, pada hari Jumat (7/8), di lantai 3 Aula A.H. Nasution Mabesad, Jakarta Pusat. Hadir pada acara tersebut Wakasad, para Asisten dan Kasahli Kasad, Sekretaris Balakpus TNI AD, Aster Kotama jajaran TNI AD, serta unsur pimpinan/Staf dari Bulog.

Direktur Utama Bulog dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun ini Bulog mendapat penugasan pemerintah untuk melakukan pengadaan beras sebanyak 4 juta ton. Implementasi dari tugas tersebut dalam 2 bulan ke depan, Bulog akan  mempunyai stok beras dua juta setengah ton. Dengan stok dua juta setengah ton di awal bulan, maka pemerintah akan memiliki cadangan beras yang cukup dan aman sampai bulan Mei atau Juni 2016. Lebih lanjut disampaikan, bahwa dengan Bulog mempunyai stok 1,5 juta ton, artinya net kurang 1 juta ditambah pengeluaran kurang lebih 750 makan, maka perlu penyerapan kurang lebih 1 juta 750 ton.

Direktur Utama Bulog juga menyampaikan, bahwa Bulog selama ini sudah mencoba langkah strategis, baik dalam rangka penyediaan stok maupun untuk memperkuat pengadaan cadangan, melalui peningkatan sinergitas dengan berbagai pihak, seperti dengan koperasi pertanian di berbagai daerah, dan utamanya dengan TNI Angkatan Darat.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Bulog tidak lupa mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kasad beserta seluruh jajaran TNI AD yang telah memberikan dukungan, mengoptimalkan penyerapan gabah atau beras, dengan kerja sama bahu membahu yang luar biasa antara Perum Bulog dengan TNI AD, baik di jajaran Kodam, Korem, Kodim, Koramil, bahkan sampai tingkat Babinsa. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut, intinya memicu kerjasama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, serta diharapkan akan menjadi tambahan motivasi dan menjadi rujukan untuk mengimplementasikan program pemerintah tentang ketahanan pangan melalui optimalisasi penyerapan produksi gabah dan beras dalam negeri.

Untuk Mendukung Swasembada Pangan

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan Kepala Staf Angkatan Darat, saat diselenggarakan Rapim TNI Angkatan Darat, tanggal 8 Januari 2015.

Melalui penandatangan MoU tersebut, sekaligus dapat dimaknai sebagai bentuk untuk memperkuat komitmen kesepahaman antara TNI dan Bulog, yang bertujuan untuk mendukung swasembada pangan, klhususnya terkait program pembangunan pertanian selama 3 tahun yang dicanangkan oleh Presiden, dalam rangka membantu meningkatkan penyerapan hasil pertanian. Lebih lanjut disampaikan, TNI Angkatan Darat akan mendukung penyelenggaraan penyerapan hasil produk yang selama ini telah dilaksanakan oleh Bulog.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat juga  mengucapkan terima kasih kepada Perum Bulog atas kepercayaan yang diberikan kepada TNI Angkatan Darat, dalam membantu meningkatkan penyerapan hasil produksi gabah. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian pendukung upaya khusus swasembada pangan yang sudah berjalan 6 bulan, guna mengoptimalkan gerakan swasembada pangan dengan melakukan pengawalan dan pendampingan para petani oleh para Babinsa. Melalui upaya khusus yang dilakukan tahun ini akan terjadi peningkatan produksi padi hingga enam koma enam puluh empat persen atau sekitar 5 juta ton. Penyerapan hasil produksi gabah maupun beras oleh Bulog akan dikoordinasi melalui komando kewilayahan, serta jajarannya dengan kantor divisi regional subdivisi Bulog masing-masing yang ada di seluruh wilayah.(Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

Penandatangan MOU Antara Kasad Dengan Kabulog