TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pentas Lomba Drama Kolosal memukal penonton

By 10 Aug 2015 08:52Kodam IV/Diponegoro
AquM_WpbDmCsi1kpCmgZoKPtEemSN4QkXMw30u8Av4ht

KODIM 0709/KEBUMEN.    Bertempat di Pendopo Bupati Kebumen, Kodim 0709/Kebumen kali ini menggelar kegiatan teatrikal berupa kegiatan lomba drama kolosal “Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini pementasan lomba  Drama Kolosal di selenggarakan di Pendopo Rumah Dinas  Bupati Kebumen dengan kategori tingkat sekolah tingkat SLTA sejumlah 17 sekolah dan kategori umum diikuti oleh 5 Distrik (kawedanan).

Lomba yang mengambil tema “ Perjuangan Masyarakat Kebumen“ tersebut digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan yang ke-70 tahun 2015 yang di mulai pukul 10.00-17.00 WIB. Pementasan dibatasi dengan durasi waktu 30 menit oleh panitia, hal tersebut sudah barang tentu membuat para sutradara Drama harus pandai memanajemen adegan dan setting properti.

Kebumen yang dulu merupakan basis perjuangan tidak terlalu sulit untuk mencari dan membuat naskah, banyak sekali kisah perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat tempo dulu seperti, Ki Ageng Bodronolo, Kolo Paking, Trunojoyo dan sebagainya.

Dalam kontek alur cerita panitia dan juga para penonton seolah membawa kita ke masa penjajahan, suara histeris dan teriakan keluar dari para aktor. Benar benar dipenuhi oleh gambaran bentuk perlawanan rakyat terhadap penjajah, kengerian di masa lampau walaupun disajikan dengan bumbu komedi seperti pementasan yang disajikan oleh Distrik Pejagoan dengan mengambil judul Ungsen sebagai Juara pertama kategori umum disusul Distrik Gombong sebagai juara dua kemudian juara tiga diraih Distrik Kebumen.

Sedangkan kategori pelajar juara pertama diraih SMA N 1 Karanganyar, sedang untuk juara dua diraih SMA N  Buluspesantren dan untuk juara tiga diraih SMA N 1 Kebumen. Penjurian dilakukan berdasarkan setting panggung, keaktoran, dialog dan alur cerita. Kegiatan ini di selengarakan oleh Kodim 0709/Kebumen dan Pemerintahan Kabupaten Kebumen, http://kodim0709.com.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pentas Lomba Drama Kolosal memukal penonton