TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringati HUT RI ke 70, Seluruh Koramil Jajaran Kodim Bangkalan Gelar Lomba Baris Berbaris dan Karnaval

By 19 Aug 2015 12:53Kodam V/Brawijaya
IMG_1045

 

Bangkalan – Usai upacara peringati HUT RI ke 70 tanggal 17 Agustus 1945 di Bangkalan, rangkaian kegiatan perayaan masih berlanjut di keesokan harinya, Jajaran Kodim 0829/Bangkalan menggelar lomba baris-berbaris dan karnaval budaya di kabupaten Bangkalan. Seluruh Koramil di Jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Selasa (18/8/2015).

Koramil-koramil di jajaran Kodim 0829/Bangkalan secara serempak menggelar lomba baris-berbaris dan karnaval budaya di kabupaten Bangkalan, yang diikuti oleh ratusan siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA di 18 Kecamatan Kabupaten Bangkalan wilayah Koramil masing-masing.

Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto menyatakan, gelar lomba karnaval ini diakan untuk tujuan karnaval budaya adalah untuk melestarikan seni nusantara yang ada di Kabupaten Bangkalan dan meningkatkan kreativitas unsur seni di kalangan generasi muda Kabupaten Bangkalan yang berbasis budaya.

Menurut Dandim, mengenai lomba baris berbaris, Dandim menjelaskan tentang pengertian baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, bahwa kegiatan baris berbaris sangat positif untuk digelar secara rutin karena banyak manfaat yang dapat dipetik. Salah satunya, kegiatan ini dapat mengajak dan mendidik generasi muda tentang nilai-nilai kedisiplinan serta memaknai pentingnya persatuan dan kekompakan.

Terkait kedisiplinan, Dandim menganggapnya sebagai suatu hal yang krusial dalam pembangunan sebuah bangsa. Menurutnya, bangsa-bangsa yang maju adalah bangsa yang disiplin, lembaga-lembaga yang maju adalah lembaga yang SDM-nya disiplin. Kedisiplinan perlu ditekankan sejak dini kepada generasi muda mengingat merekalah yang nantinya menggantikan dan meneruskan estafet pembangunan bangsa.

“Kegiatan baris berbaris jangan hanya dilihat dari segi manfaat fisiknya tetapi bagaimana memaknai hal ini sebagai bentuk pembelajaran kedisiplinan dan nilai kebangsaan,” ungkapnya.

Dandim berharap dengan adanya kegiatan baris berbaris diharapkan dapat merefleksian semangat persatuan dan kesatuan sebab saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi masalah kebangsaan, seperti perpecahan dan disintegrasi.

Ibarat sebuah negara itu seperti satu barisan yang kokoh dalam baris berbaris, ada satu komando, ada satu prosedur yang harus ditaati serta adanya kekompakan sehingga tujuan tercapai. Bagi UII, kegiatan baris berbaris juga sebagai media untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada para siswa-siwanya, pungkasnya, (Pen084/JT).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI TNI AD Dinas Penerangan Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati HUT RI ke 70, Seluruh Koramil Jajaran Kodim Bangkalan Gelar Lomba Baris Berbaris dan Karnaval