Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Prajurit Kodim 1202/Skw Latihan Persiapan Ujian Kenaikan Sabuk

Dibaca: 37 Oleh 26 Agu 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bertempat di lapangan Upacara Kodim 1202/Skw, anggota melaksanakan latihan beladiri militer Yongmoodo yang dipimpin oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 1202/Skw Kapten Inf Juju Jakaria, Selasa (25/08).

Pasi Ops menyampaikan bahwa pada bulan September mendatang akan dilaksanakan ujian kenaikan sabuk, maka diharapkan semua anggota melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh. Latihan Beladiri Militer Yongmoodo ini untuk meningkatkan profesionalisme dan ketangkasan anggotanya dalam menjalankan tugasnya.

Oleh karenanya wajib dan harus dikuasai oleh seluruh prajurit Kodim 1202/Skw, baik di satuan tempur, satuan banpur maupun satuan kewilayahan. Dimana untuk Kodim 1202/Skw olahraga beladiri militer Yongmoodo dilaksanakan setiap hari Selasa s.d Kamis. Dalam latihan ini para anggota dilatih secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, mereka diasah kemampuan dasar dengan mengedepankan ketepatan, kekuatan dan kecepatan untuk bertarung jarak dekat.

Olahraga Beladiri Yongmoodo ini merupakan hasil adopsi dari Negara Korea Selatan yang diperkenalkan kepada seluruh prajurit TNI untuk menjadi olahraga beladiri militer wajib. Jadi semua prajurit yang baru sebelum masuk ke satuan tempur maupun satuan banpur sudah diperkenalkan dengan olahraga ini. Yongmoodo merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkindo, Karate, Sirum dan Hon Sin Sul. Yong berarti naga yang memiliki nilai mistis dan diagungkan dengan memiliki banyak kemampuan hebat. Moo berarti beladiri yang memiliki materi perkelahian, strategis, pertahanan serangan, kemampuan fisik dan mental serta psikologi. Sedangkan Do merupakan cara berlatih hidup dan pandangan hidup serta memiliki makna dasar hidup dan belajar dari alam.

Baca juga:  Yonif Raider Khusus 644/WLS Bertugas di Perbatasan Papua - PNG

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel