TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Program Jambanisasi Korem 152/Babullah

By 10 Aug 2015 08:54Kodam XVI/Patimura
IMG-20150806-WA0023

Ternate (06/08), Dalam rangka meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang diawali dari kesehatan sebagai modal dasar menuju kesejahteraan Korem 152/Babullah beserta jajaran melaksanakan kegiatan bhakti sosial jambanisasi bagi masyarakat di Maluku Utara.

Sesuai yang diamanatkan dalam UU TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta doktrin TNI yang tertuang dalam 8 Wajib TNI yang berbunyi menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. Korem 152/Babullah beserta jajaran melaksanakan Program Jambanisasi, Program tersebut merupakan program TNI AD untuk membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatannya dengan pembuatan jamban bagi rumah-rumah yang belum memiliki jamban khususnya diperintukan bagi masyarakat dari kalangan yang tidak mampu.

Tidak hanya isapan jempol, Program tersebut hingga saat ini telah berjalanan dan masih akan terus dilaksanakan dengan memerintahkan para Babinsa yang tersebar di seluruh pelosok Maluku Utara untuk mendata rumah-rumah dari kalangan yang kurang mampu yang belum memiliki jamban sebagai sarana mereka membuang hajat. Data tersebut selanjutnya akan diolah dan diakomodir di Setiap Kodim untuk selanjutnya direalisasikan dengan mengerahkan potensi Babinsa dan masyarakat setempat. hingga saat ini tercatat tidak kurang dari 50 Rumah telah mendapatkan bantuan pembuatan jamban yang tersebar di seluruh Kota/Kabupaten di Maluku Utara.

Dalam keterangannya Kasi Ter Korem 152/Babullah Mayor Inf Slamet Riyanto mengatakan bahwa Program Jambanisasi merupakan bagian dari Serbuan Teritorial yang telah dan masih berjalan di setiap Kodim/Koramil di Jajaran Korem 152/Babullah bertujuan membantu masyarakat di seluruh pelosok Maluku Utara yang rumahnya atau dilingkungan tersebut belum memiliki jamban, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan tingkat dan taraf kesehahteraan masyarakat diawali dari kesehatan masyarakat. Sesuai arahan dan perintah Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Syafrial, psc untuk memanfaatkan seluruh potensi baik TNI maupun masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program Jambanisasi dengan memprioritaskan masyarakat yang berada di pelosok serta dari kalangan kurang mampu, dalam rangka mewujudkan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA) dimana TNI dan Rakyat sebagai komponen utama bangsa.

Senada yang disampaikan Sdr. Nurdin Samuole (59thn) masyarakat Ds. Falabisahaya Kec. Mangoli Utara menyampaikan bahwa dirinya berama sejumlah masyarakat di Falabisahaya yang mendapatkan program Jambanisasi yang dikerjakan Koramil Dofa bersama masyarakat merasa sangat terbantu, sebelumnya kami sangat kesulitan saat akan membuang hajat sehingga seringkali harus buang hajat di pantai yang tentu saja dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti DBD, penyakit kulit maupun penyakit lainnya, semoga program seperti ini dapat berlanjut sehingga taraf kehidupan masyarakat dapat meningkat serta kami dapat hidup lebih sehat dan terbebas dari penyakit. (Penrem 152/Bbl)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Program Jambanisasi Korem 152/Babullah