TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Rakor Penyerapan Gabah oleh Bulog Dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Pangan

By 11 Aug 2015 09:02Kodam IV/Diponegoro
DSC_0104

Magelang – Kepala BPPKP, Dandim 0705/Magelang dan Kepala Sub Divre Kedu melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka peningkatan penyerapan gabah panen oleh Perum Bulog,  di Kantor BPPKP Kabupaten Magelang, Senin (10/8).

Rapat yang diikuti oleh para Danramil jajaran Kodim 0705/Magelang, Koordinator BPPK Kecamatan se Kabupaten Magelang dan para Ketua Gapoktan ini membahas tentang  rencana hasil panen bulan Agustus dan penyerapan Bulog terhadap gabah kering panen (GKP)  maupun gabah kering giling (GKG).

Ir. Tri Agung, Kepala BPPKP Kabupaten Magelang menjelaskan tentang program peningkatan produksi pangan dan langkah-langkah yang dilaksanakan. Dalam kesempatan ini Ir Tri Agung juga memaparkan tentang kegiatan upsus yang sudah dan sedang dilaksanakan.

Kasub Sub Divre Kedu Imron Rosidi, SE menjelaskan mekanisme penyerapan gabah yang dilakukan oleh Bulog. Satgas yang ada di Bulog selalu siap menjalankan tugasnya memantau, memeriksa dan membeli gabah dari petani.

Imron berharap bantuan para Babinsa yang mendampingi petani agar selalu aktif memberikan daerah-daerah yang sedang musim panen padi. Pengadaan beras yang dilaksanakan Bulog itu dilaksanakan dengan mitra kerja, poktan dan gapoktan.

Bulog  berharap ada peningkatan penyerapan gabah musim panen ini sehingga stok beras di gudang akan aman sampe batas waktu yang ditentukan. Persyaratan gabah yang bisa dibeli oleh Bulog adalah yang sesuai denga Perpres No  5 Tahun 2015. Sedangkan harganya adalah GKP tingkat petani Rp 3.700,- untuk GKP tingkat penggilingan. Rp 3.750,-. Sedangkan GKG tingkat penggilingan adalah Rp 4.600,- GKG di gudang Bulog Rp. 4.650,- sedangkan harga Beras di Bulog Rp.7.300

Dandim 0705/Magelang, Letnan Kolonel Arm I Made Gede Antara, S.Sos memberikan sambutan dan memberikan  gambaran bagaimana caranya agar Bulog mampu menyerap gabah secara maksimal. Untuk itu perlu dilakukan terobosan yang nyata agar para Gapoktan atau MKP mau menjual beras kepada Bulog.

Dandim juga menyatakan kesiapan jajaranya untuk membantu Bulog dalam penyerapan gabah panen. Seluruh Koramil dan Babinsanya untuk turun ke lapangan membantu Bulog.

“Kami siap membantu Bulog, dan kami juga berharap diberi tugas oleh Sub Divre untuk meningkatan penyerapan Bulog terhadap hasil panen” ujar Dandim. ( Kodim 0705/Mgl)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rakor Penyerapan Gabah oleh Bulog Dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Pangan