TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Renungan Suci, Suatu Penghormatan Terhadap Pahlawan Kemerdekaan

By 19 Aug 2015 10:28Kodam I/Bukit Barisan
DSC_0190

Padang (19/8/2015), Ditengah-tengah guyuran hujan dengan tidak mengurangi rasa hikmat, Upacara apel kehormatan dan Renungan Suci pada pukul 00.00 Wib  tanggal 17 Agustus 2015 telah dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Lolong, Kota Padang Sumatera barat.

Upacara apel kehormatan dan renungan suci ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan dalam memperingati 17 Agustus pukul 00.00 Wib, dalam rangka memyambut 70 tahun kemerdekaan RI pada 2015, yang merupakan  suatu penghormatan terhadap para Pahlawan yang telah Gugur dalam rangka merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah, mereka yang telah berjasa terhadap Negara Republik Indonesia, Bangsa yang baik sepantasnya selalu mengenang dan mendo’akan para Pahlawannya, ungkap Danrem 032/Wbr  Brigjen TNI Widagdo Hendro S.

Apel kehormatan dan renungan suci ini dipimpin Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S, sebagai inspektur upacara. Kegiatan juga diikuti oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Sugiyono, Kepala Kepolisian Daerah Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, Rektor Universitas Negeri Padang Yanuar Kiram, personel Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Pramuka SMA Pertiwi Kota Padang.

Rangkaian kegiatan diawali dengan mematikan lampu di sekitar makam, kemudian menyalakan obor api. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dan pembacaan doa.

Meskipun diguyur hujan lebat  sejak awal dimulai, kegiatan itu tetap berjalan dengan hikmat hinga sampai akhir kegiatan.

Pada bagian lain, pada Taman Makam Pahlawan Lolong, Padang, telah disemayamkan sebanyak 1.294 jasad para pahlawan yang gugur di medan juang.

Dengan rincian dari TNI AD sebanyak 781 makam, TNI AL 42 makam, TNI AU 38 makam, Polri/Brimob 99 makam, Badan Perjuangan Sipil 284 makam, Pahlawan Daerah 1 makam, dan Pahlawan Tidak dikenal sebanyak 49 makam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Renungan Suci, Suatu Penghormatan Terhadap Pahlawan Kemerdekaan