TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Monitoring Swasembada Pangan Pajale Kunjungi Sidoarjo

By 24 Aug 2015 07:01Kodam V/Brawijaya
6. Tim pada saat meninjau lahan seluas 800 Ha di Desa Kupang

Sidoarjo – Tim Monitoring Swasembada Pangan Pajale dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang dipimpin oleh Kol Kav Gathut Setyo Utomo dan termasuk dlm rombongan Brigjen TNI Bangun P dan Brigjen TNI Djarot Budiyanto melaksanakan kunjungan kerja ke Kodim 0816/Sidoarjo, Sabtu (22/8).

Paparan Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Kav Rizki Indra Wijaya mengawali kegiatan kunjungan Tim Monitoring. Dalam sebagian paparannya Dandim menjelaskan bahwa untuk Kab. Sidoarjo memiliki target tanam Padi pada Bulan April sampai dengan September (Masa Tanam 2) seluas 16. 655 Ha. Sampai dengan Bulan Agustus untuk target tanam Padi yang telah terealisasi seluas 15.094 Ha, sehingga dalam prosentase target telah tecapai sekitar 90,62 %, ungkap Dandim.

 Setelah menerima paparan, selanjutnya rombongan Pusterad menuju lapangan Makodim 0816/Sidoarjo untuk melaksanakan dialog dan tanya jawab dengan perwakilan kelompok tani yang ada di Kab. Sidoarjo, Bulog dan PPL. Dalam dialog tersebut salah seorang petani menyampaikan bahwa peran Babinsa dalam mendukung Swasembada Pangan sangat menguntungkan petani, selain itu disarankan juga tentang penyaluran/distibusi pupuk hendaknya melalui Koperasi Petani.

Kunjungan Tim Monitoring tidak berhenti di Kodim 0816/Sidoarjo. Untuk melihat secara langsung hasil dari apa yang disampaikan Dandim maka Tim menuju Desa  Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo, untuk melihat lokasi lahan pertanian seluas 800 HA. Di Desa Kupang rombongan disambut oleh Danramil Jabon Kapten Arm Didik Supandi dan Perangkat Desa.

Salah Seorang anggota Gapoktan Desa Kupang, Bapak Kusmadi menyampaikan kepada rombongan ucapan rasa terima kasih kepada TNI AD khususnya kepada Babinsa dalam mendukung program Swasembada Pangan. Bapak Kusmadi berharap semoga dengan bantuan pendampingan dari Babinsa, Desa Kupang dapat melaksanakan panen 2 kali dalam setahun dimana kami biasanya hanya panen 1 kali dalam setahun, ungkapnya.

Senada dengan harapan dari Bapak Kusmadi maka Serda Gianto (Babinsa Desa Kupang) menyampaikan kepada rombongan akan mengawal pendistribusian pupuk dan membantu petani dalam hal pengairan sawah mengingat pada saat ini sedang musim kemarau.

Turut mendampingi rombongan Danrem 084/BJ, Dandim 0816/Sidoarjo, Dinas Pertanian Kab. Sidoarjo, Danramil dan Perwira Staf Kodim 0816/Sidoarjo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Monitoring Swasembada Pangan Pajale Kunjungi Sidoarjo