TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 083/Baladhika Beri Materi Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Baru di Universitas Negeri Malang

By 14 Aug 2015 13:46Kodam V/Brawijaya
DSC_9744

Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P. memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan kepada 6.823 Mahasiswa baru (S-1 dan D-3) dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Malang, bertempat di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Selasa (12/08).

Dalam pembekalannya, Danrem 083/Baladhika Jaya menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi anak bangsa saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kenakalan remaja sudah menjadi momok dan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Penyalahgunaan obat-obatan terlarang, tawuran antar pelajar/mahasiswa, pemerkosaan dan kasus-kasus lainnya merupakan beberapa contoh dari akibat dan dampak dari  kenakalan remaja. Beberapa faktor penyebab kenalakan remaja tersebut diantaranya : 1. Kurangnya kepedulian para orang tua, sehingga mereka mencari perhatian diluar rumah tanpa pengawasan, 2. Kuatnya pengaruh/perkembangan di era globalisasi saat ini  yang tidak diimbangi dengan pembentukan akhlak dan moral yang baik, 3. Tidak adanya kepedulian dari beberapa unsur masyarakat sekitar untuk secara bersama-sama ikut peduli dan bertanggung jawab secara moral terhadap tingkah laku anak bangsa, serta masih banyak lagi faktor penyebab lainnya.

Sebagai orang tua dan sebagai aparat keamanan di negara ini, TNI AD merasa mempunyai tanggung jawab secara fisik terhadap pertahanan dan keamanan bangsa dan negara ini, namun yang lebih utama TNI AD mempunyai tanggung jawab yang besar, yakni tanggung jawab secara moral terhadap kelangsungan dan perkembangan anak bangsa saat ini. Masa depan bangsa ini di tentukan oleh generasi penerus yang saat ini sedang tumbuh kembang, dipundak merekalah nasib bangsa ini ditentukan.

Sementara itu secara terpisah Rektor Universitas Negeri Malang Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M. Pd. berharap agar Mahasiswa baru TA. 2015 Universitas Negeri Malang dapat menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai wawasan kebangsaan, rela berkorban dan tulus ikhlas dalam membangun bangsa. Selanjutnya pihak Universitas Negeri Malang berharap kepada pihak TNI AD agar senantiasa kerjasama semacam ini dapat terus ditindaklanjuti kepada Mahasiswa baru pada tahun selanjutnya. baik terhadap anak bangsa. (MH-Penrem 083/Bdj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 083/Baladhika Beri Materi Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Baru di Universitas Negeri Malang