TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Bangun 8 Jamban Percontohan

By 25 Aug 2015 12:32Kodam II/Sriwijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

BENTENG, BE -Tentara Nasional Indonesai (TNI) jajaran Komando Distrik Meliter (Kodim) 0407 Kota Bengkulu telah membangun 8 jamban percontohan di 8 kecamatan se-Kabupaten Bengkulu Tengah. Pembangunan jamban tersebut sebagai awal dari pembangunan 4000 jamban di Bengkulu Tengah hingga akhir tahun ini.

Dijelaskan Dandim 0407 Bengkulu Letkol M Said kepada BE kemarin, pembangunan jamban massal merupakan program nasional TNI, agar kedepan semua warga NKRI memiliki jamban. Sehingga tidak melaksanakan aktifitas MCK di sungai, seperti kebiasan banyak warga di daerah saat ini. “Memang dari pendataan kita potensinya lebih dari 4 ribu jamban, tetapi kita baru dapat membangun sebanyak itu sekarang sesuai dengan jumlah anggaran yang dikucurkan ke Kodim 0407 Kota Bengkulu,” sebutnya.

Menurut Dandim, untuk pembangunan 1 unit Jamban Kodim sudah menganggarkan dana sebesar Rp 300 ribu, dengan asumsi pembangunan jamaban langsung dilaksanakan jajaran TNI.

“Kalau mau upah tukang anggaran itu sangat tidak memungkinkan, sehingga semua personil yang kita miliki kita libatkan untuk membangun jamban,” terang Said.

M Said menyebutkan, pembangunan 4000 jamban tersebut ditarget selesai dibulan Desember mendatang, dengan rincian Kecamatan Pondok Kelapa 937, Kecamatan Bang Haji 446, Kecamatan Pematang Tiga 731, Kecamatan Talang Empat 436Kecamatan Karang Tinggi 549, Kecamatan Merigi Sakti 308, Kecamatan Merigi Kelindang 564, Kecamatan Taba Penanjung 250 serta Kecamatan Pagar Jati 375.

“Untuk sementara ini kita sudah membangun 8 unit di 8 kecamatan sebagai contoh permulaan, untuk acuan pembangunan lainnya,” tegas M Said.

Dandim mengakui anggaran yang dimiliki sebesar Rp 300 ribu per unit itu tidak mencukupi untuk membangun jamban yang layak bagi warga penerimah. Karennaya ia sangat berharap adanya bantuan dari perusahaan yang beroperasional di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah untuk mengucurkan bantuan dana tambahannya.

“Pemerintah Daerah sudah menyatakan kesiapan untuk membantu dan pihak pengusaha sudah dilibatkan semoga saja segera terealisasi semua unit yang telah dicanangkan,” ujarnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Dinas Penerangan Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Bangun 8 Jamban Percontohan