TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Workshop 3 Pilar “Kasdam IX/Udayana, Kompak Jaga Keamanan Bali

By 20 Aug 2015 18:57Kodam IX/Udayana
3pilar

Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI Hadi Kusnan, mewakili Pangdam IX/Udayana sebagai nara sumber dalam work shop, Babinsa, Babinpolda dan Lurah/Kades sebali yang dilaksanakan pada Kamis,(20/8) di Ruang Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali.

Babinsa, Banbinkantibmas dan Lurah/Kades adalah tiga pilar pelaksana pemerintahan ditingkat desa, sudah tentunya mempunyai peran dan menjadi ujung tombak dalam menegakkan keamanan di tingkat desa, dan untuk memantafkan kerjasama, koordinasi ke tiga pilar ini dilaksanakan workshop sehari dengan pokok materi yang dibahas adalah tentang Penanganan Konflik Sosial di Bali. Work Shop ini diikuti oleh 100 orang Babinsa, 100 orang Babinkantibmas dan 50 orang Kepala Desa/Lurah perwakilan dari masing-masing Kabupaten se Provinsi Bali.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, diwakili Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan menyampaikan materi Tentang Peran Babinsa dalam mendukung Harkamtibmas guna mencegah konflik sosial, kemudian Kabidkum Polda Bali Kombes Arief P.S memaparkan tentang Penanganan Konflik sosial sesuai dengan Undang Undang RI No 7 Tahun 2012 dan Nara sumber dari Unud Dr. Gede Made Swardhana,SH.,MH memaparkan tentang Konsekuensi Hukum penanganan konflik sosial di Bali.Sejalan dengan itu Kasdam IX/Udayana sebagai nara sumber menyampaikan materi, Peran Babinsa Dalam Mendukung Harkamtibmas Guna Mencegah Terjadinya Konflik Sosial. Kasdam memaparkan secara garis besar peran Babinsa sebagai ujung tombak dalam melaksanakan pembinaan teritorial bertugas untuk melakukan pembinaan geografi, pembinaan kependudukan serta melaksanakan berbagai kegiatan sosial ekonomi di tengah-tengan masyarakat.

Babinsa harus memiliki kesiapan dan kemampuan serta selalu tanggap dan peka terhadap situasi dan konsisi yang ada di lingkungan desa binaannya dan disamping itu Babinsa harus dapat berbaur, menyatu, dengan Kepala Desa/Lurah, Babinkantibmas, dan masyarakat serta mampu menciptakan lingkungan yang kondusif.

Seminar sehari ini ditanggapi secara antusias oleh seluruh peserta dan dapat berjalan dengan lancar, demikian Pendam IX/Udayana.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IX/Udayana Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Workshop 3 Pilar “Kasdam IX/Udayana, Kompak Jaga Keamanan Bali