Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

270 Prajurit Korem Dan Jajaran Terima Sosialisasi Hukum

Dibaca: 7 Oleh 16 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ternate, (15/09). Kumdam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Hukum Korem 152/Babullah memberikan penyuluhan hukum kepada 270 Prajurit Korem 152/Babullah dan jajaran bertempat di Gazebo Nuku Makorem 152/Babullah.

Penyuluhan yang dibawakan oleh pemateri Kapten Chk Setijanto, SH dan Lettu Chk Sugeng Widodo, SH yang dating langsung dari Kumdam XVI/Ptm dan dimpingi oleh Perwira Hukum Korem 152/Bbl Kapten Chk Heru Mulyono, SH menyampaikan materi “Tindak Pidana Menonjol di Satuan”. Setiap Prajurit Militer aktif tentu perlu mengetahui  tentang peraturan serta hukum yang mengatur kehidupan sehari-hari baik dalam kondisi Operasi Militer maupun Dinas Militer.  Setiap Prajurit Militer diikat oleh beberapa peraturan/hukum antara lain Kitab Undag-Undang Hukum Pidana (KHUP), Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer (KUHPM), Hukum Humaniter dan hukum Disiplin Militer. Hukum-hukum tersebut perlu diketahui dan dipedomani sehingga dalam pelaksanaan tugas dilapangan tidak menemukan kesulitan dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat tercapai secara maksimal.

Selain itu pelanggaran-pelanggaran yang menonjol disatuan TNI AD khususnya jajaran Kodam XVI/Pattimura yaitu pelanggaran THTI, Disersi, Asusila, perjudian maupun penyalahgunaan Narkoba. Adanya pelanggaran dikalangan prajurit tentu ada penyebabnya diantaranya kurangnya tingkat keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME Pola Hidup Prajurit yang diluar ketentuan maupun kurang fahamnya Prajurit terhadap ketentuan hukum. Oleh karena itu Kumdam XVI/Ptm  maupun Kumrem 152/Bbl sebagai fungsi pembinaan hukum dijajarannya rutin melaksanakan penyuluhan-penyuluhan hukum kepada Prajurit serta memberikan bantuan Hukum kepada Prajurit dan keluarganya.

Baca juga:  ZIARAH DALAM RANGKA HUT KORPRI KE-43

Dalam keterangannya Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Anang Setyoadi, SE menyampaikan bahwa penyuluhan hukum yang diselenggarakan oleh Kumdam XVI/Pattimura merupakan program rutin yang diselenggarakan bergantian di seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura. Materi penyuluhan sendiri terfokus kepada permasalahan-permasalahan yang sering muncul maupun menonjol di satuan jajaran Korem 152/Babullah dengan memberikan studi kasus sehingga seluruh prajurit dapat lebih memahami dan menghindari setiap perbuatan melawan hukum. (Pendam 16)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel