TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Trucuk, Bantu Warga Bangun Bronjong Sumber Air

By 29 Sep 2015 17:46Kodam V/Brawijaya
bp

Bojonegoro ( 29/09 ). Anggota Koramil 0813/22 – Trucuk pada selasa 29 September 2015 pagi turut serta dalam kerja bakti perbaikan tanggul sumber air di Dusun Gampeng RT 01 RW 01 Desa Padang Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro dengan sistim Bronjong.

Kegiatan yang sudah berjalan satu minggu tersebut diikuti oleh 15 orang warga masyarakat setempat, yang dikerjakan secara bergantian disetiap harinya, dengan tujuan untuk melindungi sumber air warga yang digunakan bersama, terutama dalam menghadapi musim kemarau. Pembuatan tanggul sumber air dalam bentuk Bronjong tersebut merupakan bentuk perwujudan dari Anggaran APBDES Tahun 2015, kata Bp. Munandar selaku Kepala Dusun.

Program pembuatan tanggul yang direncanakan rampung dalam 30 hari kedepan, berasal dari sumber Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), dan Pemerintah Desa telah siap menerima dana Desa yang dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Pusat.

Realisasi pembangunan sumber air tersebut didasrkan karena Desa telah memiliki persyaratan yang diperlukan, yaitu Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Ketiga persyaratan (RPJMDes, RKPDes dan APBDes) mutlak diperlukan, karena hanya dengan ketiga hal tersebut-lah dapat diketahui dana Desa benar-benar dipergunakan dengan baik untuk pembangunan fasilitas umum warga masyarakat, sesuai kebutuhan masing-masing desa. Sehingga dana Desa tersebut benar-benar dikelola secara baik, tepat sasaran, dan akuntabel yaitu untuk menopang kegiatan perekonomian di Desa sehingga Desa dapat berkembang maju.

“Diharapkan dengan pembuatan tanggul sumber air yang sedang dibangun, nantinya dapat mendorong meningkatkan hasil pertanian para kelompok Tani (Poktan, dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang begitu melimpah, termasuk pemanfaatan sumber air terutama dalam menghadapi musim kemarau” tegas Munandar. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Trucuk, Bantu Warga Bangun Bronjong Sumber Air