TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Cerdas Cermat Bidang Pertanian Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan

By 30 Sep 2015 06:10Kodam I/Bukit Barisan
komsos

Pangdam I/BB diwakili Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ekonomi Kolonel Inf Toto Jumarianto buka Kegiatan Cerdas Cermat Bidang Pertanian di Balai Benih Induk Dinas Pertanian Provsu Tanjung Morawa Deli Serdang, Selasa (29/9).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung yang dibacakan Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ekonomi Kolonel Inf Toto Jumarianto pada acara pembukaan lomba cerdas cermat bidang pertanian menyambut baik dilaksanakannya lomba cerdas cermat tersebut.  Kegiatan ini memiliki dampak positif sebagai ajang tukar pengalaman antar sesama petani dan sebagai sarana berkomunikasi untuk meningkatkan pemahaman para peserta tentang pertanian.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan melalui lomba cerdas cermat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keseragaman dan pemahaman para peserta di bidang pertanian, sekaligus bisa memunculkan inovasi dan kreasi sebagai solusi guna mengatasi berbagai permasalahan dibidang pertanian di lapangan. Lomba cerdas cermat ini juga bisa untuk mempersoalkan aspek-aspek pangan dan masalah peningkatan produksi pertanian. Oleh karena itu mari jadikan lomba ini disamping sebagai ajang kompetisi, juga sebagai arena akademis dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan.

Diakhir sambutannya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dalam penyelenggaraan kegiatan ini sebagai berikut : Pertama, laksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga tujuan dan sasaran kegiatan dapat dicapai dalam rangka pengembangan dan peningkatan produksi pertanian, Kedua,  manfaatkan kegiatan ini sebagai media edukasi untuk menambah wawasan bagi peserta sehingga dapat dijadikan sebagai bekal guna mendukung program pemerintah  dalam ketahanan pangan, Ketiga, perhatikan faktor keamanan selama pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan lomba cerdas cermat memperebutkan piala Pangdam I/BB dilaksanakan selama 2 hari diikuti oleh seluruh Korem jajaran Kodam I/BB dan Kodim 0201/BS sebanyak 30 Tim yang terdiri dari : Korem 022/PT 10 Tim, Korem 023/KS 13 Tim, Korem 031/WB 2 Tim, Korem 032/WBR 3 Tim dan Kodim 0201/BS 2 Tim. Masing-masing Tim terdiri dari 4 orang peserta meliputi 1 orang Babinsa dan 3 orang anggota kelompok tani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Sumut, Aster Kasdam I/BB, SKPD Pertanian Se-Sumut, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Waka Polres Deli Serdang dan Para Kelompok Tani.

Cerdas Cermat Bidang Pertanian Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan