TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

HUT Ke-70 TNI, Gubernur Kalbar Dapat Kehormatan Jadi Irup

By 30 Sep 2015 10:01Kodam XII/Tanjungpura
hut TNI kodam XII

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan memperingati HUT ke-70 pada hari Senin 5 Oktober 2015, untuk wilayah Kalimantan Barat sendiri Upacara Parade dan Defile Peringatan Hari TNI ke-70 akan dilaksanakan di Alun – Alun Kapuas Jl. Rahadi Usman Pontianak dan di Kab.Sintang yang diselenggarakan oleh Korem 121/Abw. Pada upacara di Pontianak nanti Gubernur Kalimantan Barat Drs Cornelis, M.H mendapat kehormatan sebagai Inspektur Upacara dengan dihadiri oleh pucuk pimpinan jajaran TNI di wilayah Kalbar yaitu Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R. Soedjiman, Danlantamal XII/Pontianak Laksma TNI Heru Santoso dan Danlanud Supadio Marsma TNI Tatang Herlyansyah.

“Kegiatan HUT TNI tahun ini diselenggarakan secara terintegrasi oleh Kodam XII/Tpr, Lantamal XII/Pontianak dan Lanud Supadio, sedangkan untuk wilayah Kalteng peringatan HUT TNI dilaksanakan di Palangkaraya dengan Irup Pejabat Gubernur Kalteng Hadi Prabowo”, ungkap Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Mukhlis. Tema HUT TNI kali ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkeperibadian”, lanjutnya.

Kapendam XII/Tpr menyampaikan, sebelum pelaksanaan upacara puncak Peringatan Hari TNI ke-70, beberapa kegiatan sudah dilaksanakan oleh satuan TNI yang berada di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah antara lain bhakti sosial operasi katarak kepada masyarakat di Rumkit Kartika Husada, dengan penyelenggara Kodam XII/Tpr, pengobatan masal di Sungai Kakap, dengan penyelenggara Lantamal XII/Pontianak dan Donor Darah serta pasar murah yang diselenggarakan di Gedung Tedy Kustari Lanud Supadio dengan penyelenggara Lanud Supadio. Donor darah kali ini diharapkan akan dapat memperoleh 500 kantong darah dari prajurit TNI yang ada di Garnizun Pontianak. Sedangkan kegiatan bhakti sosial dalam rangka HUT TNI kali ini bukan hanya dilaksanakan di Tingkat Kodam, tetapi di Kodim – Kodim jajaran Kodam XII/Tpr juga melaksanakan kegiatan tersebut, selain itu pada Hari Sabtu (26/9) yang lalu telah dilaksanakan penanaman 2000 pohon Bakau di pesisir Pantai Sungai Duri Kabupaten Bengkayang yang dipimpin langsung oleh Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono Haryadi didampingi oleh Danlantamal XII dan Danlanud Supadio Pontianak bersama komponen masyarakat di Kab. Bengkayang.

Sebelum pelaksanaan upacara HUT TNI tanggal 5 Oktober 2015 juga akan dilaksanakan kegiatan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Patria Jaya yang dipimpin oleh Danlanud Supadio Marsma TNI Tatang Herlyansyah, sedangkan geladi bersih upacara dilaksanakan hari Sabtu, 3 /10/2015. Pada Upacara HUT ke 70 kali ini selain Parade dan Defile serta unjuk Alutsista TNI yang ada di Kalbar juga menampilkan drama kolosal tentang sejarah perjuangan masyarakat Kalbar mengusir penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan RI, drama kolosal ini menampilkan para prajurit Yonif 643/Wns, Kodim 1207/BS, sanggar tari Saka Wira Kartika binaan Kodim 1207/BS dan Polisi Wanita dari Polrestabes Pontianak serta menampilkan Barongsay dari Yayasan Bhakti Suci, koordinator drama kolosal ini adalah Dandim 1207/BS Letkol Inf Jacky Ariestanto, pungkas Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Mukhlis.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

HUT Ke-70 TNI, Gubernur Kalbar Dapat Kehormatan Jadi Irup