TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

HUT KE-70 TNI Tahun 2015, Korem 161/Wira Sakti Tanam Anakan Pohon Bakau

By 27 Sep 2015 13:45Kodam IX/Udayana
bakau

Dalam rangka HUT ke 70 TNI Tahun 2015, Korem 161/Wira Sakti menyelenggarakan kegiatan Penanaman Anakan Pohon bakau, Sabtu ( 26/09 ) di Pantai Pohon Duri, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Oesapa Kota Kupang.

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto,SE.MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penanaman anakan pohon bakau ini di laksanakan di seluruh Kodim jajaran Korem 161/Wira Sakti secara serentak , selain dalam rangka memperingati HUT ke 70 TNI Tahun 2015, juga merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan pantai, yang semakin hari semakin memprihatinkan keadaannya.

Mari kita bersama-sama melestarikan lingkungan pantai ini, dan yang paling penting adalah bukan pada kegiatan penanamannya, akan tetapi bagaimana kita seluruh elemen masyarakat ini menjaga, merawat dan memelihara anakan pohon bakau ini, sehingga semua anakan pohon bakau yang kita tanam pada hari ini dapat hidup, sehingga tidak terjadi abrasi pantai maupun kerusakan lingkungan pantai, Tegas Danrem 161/Wira Sakti.

Di akhir sambutannya, Danrem 161/Wira Sakti menambahkan bahwa kita semua bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan pantai, dengan demikian maka generasi muda nantinya dapat menikmati keindahan panorama pantai serta terjadi keseimbangan lingkungan pantai.

Walikota Kupang Jonas Selaen, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI yang telah menggagas pelaksanaan kegiatan ini, Kegiatan penanaman anakan pohon bakau yang dilaksanakan kali ini merupakan bentuk TNI yang peduli terhadap kondisi lingkungan pantai.

Dulu, jelas Walikota Kupang, Kawasan Pantai Pohon Duri sepanjang + 4 Km ini , merupakan kawasan hutan bakau yang sangat hijau, terdapat aneka kehidupan di dalamnya, akan tetapi seiring dengan jalannya waktu, dirasakan kelestarian alam Pantai Pohon Duri ini semakin berkurang. Maka tepat sekali di Ulang Tahun TNI yang ke 70 ini diselenggarakan penanaman pohon bakau, yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan contoh khususnya kepada masyarakat di lingkungan pantai, untuk turut serta menjaga dan merawat kelestarian lingkungan pantai

Sementara itu, Gubernur NTT yang dalam ini diwakili oleh Ka BLHD Propinsi NTT Fredrick Tielmann menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran TNI, yang telah melaksanakan kegiatan penanaman anakan pohon bakau di seluruh pantai di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini akan dapat memperkecil resiko kerusakan lingkungan pantai dan menghindari terjadinya abrasi pantai.

Lebih Lanjut, Mari kita dorong seluruh elemen masyarakat untuk mencintai kelestarian lingkungan pantai, terlebih lagi bahwa Propinsi Nusa Tenggara Timur merupakan Propinsi Kepulauan yang sangat potensial di bidang Maritim.

Lurah Oesapa Barat, Vera Suek, menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI yang telah memilih Pantai Pohon Duri kelurahan Oesapa Barat, untuk pelaksanaan kegiatan penanaman anakan pohon bakau dalam rangka HUT TNI pada tahun ini. Kehadiran TNI di tempat ini membuat masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan TNI.

Penanaman Anakan Pohon Bakau di Pantai Pohon Duri ini sejumlah 1000 anakan Pohon Bakau, yang di ikuti oleh Jajaran Korem 161/Wira Sakti, Jajaran Lantamal VII Kupang, Jajaran Lanud El Tari Kupang, Basarnat NTT, Polres Kota Kupang, PNS jajaran Kota Kupang, para Mahasiswa, pelajar, pramuka , FKPPI serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur NTT yang di Wakili Ka BLHD Propinsi NTT Fredrick Tielman, Danlanud Eltari Kupang Kol ( Pnb) Andi Wijaya, Wadan Lantamal VII Kupang Kol ( Laut) Dafit Santoso , Para Kasi Korem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf Subar, Para Danka Balak Aju Jajaran Korem 161/Wira Sakti, Lurah Oesapa Barat Vera Suek, Camat Kelapa Lima Abraham Kalao, Tokoh masyarakat,tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda kelurahan Oesapa Barat ( Penrem 161/ws )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

HUT KE-70 TNI Tahun 2015, Korem 161/Wira Sakti Tanam Anakan Pohon Bakau