TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemensos Bersama Kasad Buka Rakornis TMMD ke-95 2015

DSC_1762

Menteri Sosial RI Hj. Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 Tahun 2015 di Gedung Aneka Bhakti, Kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (10/9).

Program TMMD ke 95 tahun 2015 ini merupakan kerjasama antara TNI AD dengan Kementerian Sosial RI yang melibatkan Kantor Dinas Sosial ProvinsiKota sebagai Penyelenggara TMMD serta pihak-pihak lain yang terkait di seluruh wilayah Indonesia.

TMMD yang pelaksanaannya akan dibuka secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 10 Oktober 2015 mendatang mengusung tema ”Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Kementerian /Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Perdesaan”.

Adapun tujuan dari pada Rakornis ini adalah untuk menyamakan visi, misi dan persepsi, serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggaraan  TMMD. Selanjutnya, para pelaksana di lapangan akan merumuskan hal-hal teknis terkait dengan pelaksanaan sesuai kondisi di wilayah masing-masing.

Dalam kesempatan tesebut Kasad sebagai Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD menyampaikan bahwa TMMD tahun ini merupakan perwujudan dari sinergi program TNI AD dengan program Kemensos RI, utamanya dalam penanganan berbagai permasalahan sosial yang saat ini marak berkembang di tengah masyarakat. Hal tersebut merupakan implementasi dari komitmen TNI AD, untuk ikut membangun Bangsa dan Negara bersama komponen bangsa lainnya.

“Di tengah berbagai kemajuan yang telah dicapai bangsa Indonesia saat ini, kita masih harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi berbagai masalah sosial di setiap daerah“. Tegas Kasad.

Kasad menambahkan bahwa data yang dihimpun oleh Kementerian Sosial mengidentifikasi, ada 26 jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di tengah masyarakat, seperti anak Balita telantar, anak yang berhadapan dengan hukum, anak jalanan, anak korban tindak kekerasan, anak yang butuh perlindungan khusus, lanjut usia telantar, penyandang disabilitas, tuna susila, gelandangan, pengemis, pemulung, korban penyalahgunaan NAPZA, korban trafficking, fakir miskin dan lain-lain.

Persoalan kesejahteraan sosial tersebut, dapat dikelompokkan ke dalam 7 kategori, yaitu kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, serta keterpencilan dan korban bencana.

Untuk mengurangi atau mengatasi persoalan-persoalan tersebut, maka selain bekerjasama dengan Kemensos RI, TNI Angkatan Darat juga senantiasa berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga Non Kementerian terkait.

Selesai pemberian sambatuan Mensos bersama Kasad menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba jurnalistik TMMD ke 94 yang di bagi menjadi 3 kategori antara lain:

Kategori Dansat TMMD/Dandim : Juara I: Kodim 0314/Indragiri Hilir (Kodam I/BB), Juara II: Kodim 203/Langkat (Kodam I/BB) dan Juara III: Kodim 0812/Lamongan (Kodam V/Brw).

Kategori wartawan media elektronik. Juara I: Evan Ervani (Antara TV Palembang), Juara II : Ervan (Net TV), Juara III: RInduDwi Kartiko (J TV).

Kategori wartawan media cetak/online : Juara I: Denny Sartika (Wartawan Harian Rakyat Aceh), Juara II : Karya Heru Suyitno (Wartawan Antara news.com Jateng)  Juara III: Yusni Hardi (Wartawan Harian Mata Buana Banjarmasin).

Hadir dalam acara ini antara lain Sekjen Kemensos RI beserta staf,  Pangdam Jaya, Para Asisten Kasad, Waaster Panglima TNI, Wadanjen Kopasus, Perwakilan dari TNI AL, AU dan Polisi serta tamu undangan. (Dispenad)

DSC_1772

DSC_1836

DSC_1827

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Artikel Tips Kesehatan Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemensos Bersama Kasad Buka Rakornis TMMD ke-95 2015