Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Kodam II/Swj Gelar Sholat Idul Adha Bersama

Dibaca: 13 Oleh 25 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Palembang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., dan Ny. Raudha Purwadi Sholat Idul Adha bersama masyarakat di lapangan Upacara Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang, Jum’at (24/9/2015).

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1436 H/ 2015 M di Makodam II/Swj diikuti sedikitnya ± 1.500 orang jamaah terdiri dari anggota dan keluarga besar Kodam II/Swj serta warga masyarakat di sekitar Makodam. Bertindak sebagai Imam/khatib Prof. Dr. Ir., H. Anisegaf M. Sc., Rektor Unsri Palembang.

Tema Idul Adha 1436 H/2015 M adalah “Dengan hikmah Idul Adha 1436 H Kita Tingkatkan Solidaritas, Kepedulian dan Kebersamaan Prajurit TNI AD dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Dalam ceramahnya Prof. Dr. Ir., H. Anisegaf M. Sc.,menguraikan hikmah dibalik rangkaian peristiwa pengorbanan paling besar sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim bersama keluarganya. Dijelaskannya bahwa salah satu hikmah dengan adanya penyembelihan hewan-hewan Qurban memberikan makna manusia harus dapat menghilangkan sifat-sifat hewani yang ada dalam diri masing-masing.

Baca juga:  Jalan Santai Meriahkan HUT Ke-13 Korem 045/Garuda Jaya

Selain itu, Khotib juga mengajak kepada umat Islam untuk mengambil hikmah dan makna dari peringatan hari raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan hari raya korban atau hari raya haji, dimana setiap muslim hendaknya senantiasa tulus, ikhlas dan rela berkorban serta menjadikan perayaan Idul Adha sebagai momentum untuk melakukan evaluasi, instrospeksi dan mawas diri terhadap semua yang telah dilakukan selama ini. Umat muslim hendaknya mampu meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS, yang rela mengorbankan hanya untuk Allah SWT dan tidak mudah terpengaruh oleh bujukan setan.

Usai sholat dan khotbah Idul Adha dilanjutnya dengan penyerahan dan penyembelian hewan korban kepada Panitia Korban dari Bintaldam II/Swj, bertempat di lapangan Makodam II/Swj. Hewan korban yang terkumpul sebanyak 5 ekor sapi dan 9 ekor kambing, baik yang berasal dari pejabat di lingkungan Kodam II/Swj maupun dari masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Pangdam II/Swj menyerahkan 2 ekor sapi, dilanjutkan pemotongan hewan kurban yang di saksikan oleh semua yang hadir. Dengan iringan kumandang takbir semua hewan korban dipotong dan selanjutnya dibagi-bagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya, baik kepada fakir miskin secara perorangan maupun melalui yayasan yang lebih membutuhkan. (Pendam II/Swj).

Baca juga:  Korem 041/Garuda Emas Laksanakan Khitanan dan Pengobatan Massal bagi Masyarakat

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel