Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Kodim 0709/Kebumen Berhasil Memadamkan Kebakaran hutan Karangbolong

Dibaca: 26 Oleh 22 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

KODIM 0709/KEBUMEN Masyarakat Desa Karangbolong Kec. Buayan Kab. Kebumen dikejutkan oleh kepulan asap hitam pekat membumbung ke udara yang bersumber dari sebuah area hutan jati milik Perum Perhutani Petak 59A yang ditanami pohon Jati tahun 1999 di arean Gunung Kuda seluas 2 Hektare, Senin (21/9/15).

Setelah menerima laporan warga sesaat kemudian para anggota Koramil 20/Buayan dan para anggota Kodim 0709/Kebumen langsung membantu ke lokasi kejadian dipimpin Kapten Inf M. Wahyudi bersama masyarakat ikut memadamkan kobaran api.

Warga sempat dilandan kepanikan mengetahui kejadian tersebut spontan berhamburan menuju sumber kejadian yang jaraknya tidak jauh dengan pemukiman warga setempat. Dalam waktu singkat masyarakat Desa Karangbolong dibantu Kodim dengan peralatan seadanya secara beramai-ramai memadamkan api yang kian membesar untuk menjaga meluasnya api yang melanda kawasan hutan jati.

Kronologis kejadian

Pukul 12.00 WIB Bpk Sardi (65), warga asal Desa Karangbolong RT 04/02, yang kesehariannya seorang petani mengetahui hutan produksi milik Perum Perhutani Petak 59A yang ditumbuhi tanaman jati tahun 1999 tersebut terbakar di gunung Kuda, sempat yang bersangkutan melakukan pengecekan ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk meyakinkan perihal kejadiannya, selesai pengecekan yang bersangkutan langsung melaporkan kepada Kepala Desa dan selanjutnya dilaporkan kepada Danramil 20/Buayan.

Baca juga:  Peninjauan Perkembangan Keadaan Gunung Slamet

Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Sohuwat langsung memerintahkan sebagian anggotanya membawa masyarakat guna memadamkan api, sedangkan sebagian menghubungi perwira siaga Kodim dan langsung diterima oleh Pasiops Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Wahyudi, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.45 WIB dengan kerugian personel dan materiil nihil.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat disamping melaporkan kejadian tersebut kepada Dandim, dirinya segera menghimbau masyarakat untuk berhati-hati mengingat musim kemarau rawan sekali akan terjadinya musibah kebakaran. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran dan masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang. (kodim0709)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel