TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1703/Manokwari Gelar Penanaman Pohon Sambut HUT ke-70 TNI

By 30 Sep 2015 07:30Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-09-29_16-32-31

Manokwari (28/09). Kodim 1703/Manokwari melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka menyambut HUT ke 70 TNI dan sebagai wujud peduli terhadap lingkungan berlokasi di kawasan hutan kampung Susweni kabupaten Manokwari.

Dandim 1703/Manokwari Letkol Inf Stefanus Satrio Aribowo menyampaikan, bahwa sekarang ini program penanaman pohon sedang gencar gencarnya disosialisasikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia guna mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh adanya pemanasan global yang terjadi di bumi ini akibat ulah manusia. Selain itu dengan penghijauan juga mengurangi timbulnya bencana alam seperti banjir , tanah longsor dan lain sebagainya. Diharapkan kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat sehingga kepedulian terhadap lingkungan akan timbul dan menjadi tanggungjawab bersama, kita harus ikut menjaga keseimbangan alam dengan cara peduli lingkungan. Alam jangan hanya dijadikan obyek semata tapi kita harus menjadikan sebagai subyek, sehingga keseimbangan alam dapat terjaga dengan baik.

Demikian juga dengan kawasan hutan kampung Susweni yang merupakan daerah resapan air sebagai sumber air bersih bagi khususnya masyarakat Kampung Susweni dan juga Kabupaten Manokwari secara umum. Menyikapi hal tersebut Kodim 1703/Manokwari bersama seluruh elemen masyarakat berkewajiban merehabilitasi dan mendukung program yang di rencanakan pemerintah untuk mencegah terjadinya peningkatan pemanasan global atau Global Warming dengan cara penanaman pohon di kawasan ini secara berkesinambungan dan berkelanjutan, maka dalam beberapa tahun kedepan akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi seluruh lingkungan hidup di daerah ini.

Kegiatan penghijauan dan ini juga merupakan sarana komunikasi antara TNI bersama seluruh komponen masyarakat yang ada di Papua khususnya Kabupaten Manokwari, sehingga terjalin tali silaturahmi demi terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat pungkasnya.

Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis bibit kayu dari Dandim 1703/Manokwari kepada Kepala Kampung susweni, dilanjutkan penanaman secara serentak oleh 200 orang peserta penghijauan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1703/Manokwari, Kepala dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari, Kepala Kampung susweni, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta para Pasi Kodim 1703/Manokwari . (Seksi Online Pendam 17 Cend).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1703/Manokwari Gelar Penanaman Pohon Sambut HUT ke-70 TNI