TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1709/Yawa Siapkan Lahan Untuk Penanaman Pohon Mangrove Di Kab. Kep. Yapen

By 25 Sep 2015 06:42Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-09-24_19-57-57

Sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak, baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir di Kab. Kep. Yapen, Rabu (23/09).

Menjelang peringatan HUT TNI ke-70, Kodim 1709/Yawa melaksanakan penyiapan lahan untuk penanaman pohon bakau di Kampung Kabuena Kab. Kep. Yapen. Adapun pelaksanaan penanamannya adalah pada tanggal 25 September 2015. Kegiatan penghijauan penanaman pohon bakau merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-70 tahun 2015.

Kegiatan persiapan lahan penanaman pohon bakau ini bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kep. Yapen yang menyiapkan bibit pohon bakau siap tanam. Dalam kegiatan penyiapan lahan tersebut dipimpin oleh Dandim 1709/Yawa diikuti Pasiter Kodim 1709/Yawa, Danramil dan 7 orang Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel. Para Babinsa tersebut nampak bersemangat menancapkan bambu-bambu yang sudah disiapkan untuk media penanaman bibit pohon bakau.

Dandim 1709/Yawa mengatakan, pohon bakau memiliki banyak manfaat bagi manusia diantaranya, menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi atau abrasi, menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari laut ke darat pada malam hari, sebagai kawasan penyangga atau penyaring rembesan air laut ke darat, daun tanaman berfungsi sebagai penyerap karbondioksida. Kesemuanya itu adalah keuntungan yang akan didapatkan bila kita semua mau peduli dan memelihara lingkungan.

Semoga dengan peringatan HUT TNI yang ke 70 ini, kegiatan penanaman pohon bakau mampu menggerakkan hati masyarakat Kab. Kep. Yapen untuk melestarikannya, mengingat kehadiran vegerasi Hutan Mangrove ini sangat besar artinya bagi keselamatan lingkungan. Tutup Dandim 1709/Yawa. (Pendam XVII/Cendrawasih)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1709/Yawa Siapkan Lahan Untuk Penanaman Pohon Mangrove Di Kab. Kep. Yapen