TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Bangkalan Kordinasikan Bangun Jaringan Irigasi Tersier di Tiga Desa

By 23 Sep 2015 20:18Kodam V/Brawijaya
brawijaya

Bangkalan – Dalam mendukung program swasembada pangan 2017 yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bangkalan membangun jaringan irigasi.  Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana irigasi itu, ditandai dengan berbagai kegiatan yang perlu dikornasikan guna  membahas pelaksanaan pembangunan jaringan tersier tersebut.  Rencana pembangunan irigasi di fokuskan di 3 (Tiga) desa di kecamatan Arosbaya Bangkalan, diantaranya Desa Ombul, Desa Lajing dan Desa Balong, Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Rabu (23/9/2015).

Komandan Rayon Militer (Danramil) 13/Arosbaya Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Budiono bersama 6 anggota, Muspika, Manteri Tani,UPT Ketua Hipa dan Kelompok Tani, saat ditemui seusai acara mengatakan pihaknya berperan sebagai penggugah dalam mensukseskan swasembada pangan ini.

“Saya akan berkordinasi dengan semua pihak, terkait pembangunan irigasi di Arosbaya. Harus ada pengairan untuk mendukung produksi padi. Hal ini penting untuk segera merehabilitasi saluran irigasi dan memperbaiki saluran irigasi,” kata Danramil Arosbaya.

“Kita sebagai penggugah, karena kegiatan pembangunan irigasi ini dilakukan di Arosbaya untuk mendukung keberhasilan swasembada pangan.   Dan rapat kordinasi ini untuk mengetahui sejauh mana rencana pembangunan saluran irigasi itu,” terang Danramil.

Menurut Budiono, perencanaan itu penting, agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Sebab saluran irigasi itu mempunyai fungsi vital dalam mendukung swasembada pangan dan peningkatan produktivitas pertanian.

“Sekarang kan lagi ada program swasembada pangan, termasuk di dalamnya perbaikan irigasi. Sehingga dari tingkat produksi ke penjual menjadi meningkat,” jelasnya.

Selain itu, dengan perbaikan saluran irigasi, maka aliran air untuk pertanian di area persawahan menjadi lebih lancar, pemanfaatan air menjadi lebih efektif.  Aliran air itu bisa sampai ke bagian ujung saluran irigasi, pada akhirnya seluruh area persawahan bisa memanfaatkan saluran irigasi tersebut.

”Jika saluran irigasi bocor maka kasihan petani yang berada di ujung irigasi. Air yang didapatkan tidak akan mencukupi kebutuhannya,” pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Bangkalan Kordinasikan Bangun Jaringan Irigasi Tersier di Tiga Desa