TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Bersama PMI Bangkalan Gelar Donor Darah

By 23 Sep 2015 10:10Kodam V/Brawijaya
4cd90996516c4b802614e2ec1971911c

Kodim 0829/Bangkalan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bangkalan, menggelar donor darah dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-70 Tahun 2015.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-70 tanggal 5 Oktober 2014 mendatang, serta sebagai upaya untuk menanamkan sikap peduli pada sesama,” kata Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., di Bangkalan, Selasa (22/09).

Dadim juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutinitas TNI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang salah satu contohnya dengan memberikan sumbangsih darahnya kepada yang membutuhkan, karena bagi TNI bukan bentuk bela negara saja yang dilakukan akan tetapi pendekatan kepada masyarakat juga mereka lakukan.

Kegiatan donor itu sengaja difokuskan di Aula Manunggal Makodim 0829/Bangkalan yang diikuti 120 orang Anggota TNI dan PNS Kodim 0829/Bangkalan, Lanal Batuporon, Subdenpom V/4-4 Bangkalan, Sub  Garnisun Bangkalan, Polres Bangkalan dan masyarakat.

“Hal ini untuk mendekatkan diri antara TNI dengan masyarakat serta instansi terkait lainnya,”ujar Pangdam, dan kegiatan ini bertujuan memberikan kontribusi dan membantu mereka yang membutuhkan darah pada saat emergency itu datang.

“Mudah-mudahan donor darah yang dilakukan oleh Kodim 0829/Bangkalan ini bisa memotivasi instansi yang lain untuk mengikuti kegiatan yang serupa dan juga dapat menggugah rasa sosial kemanusiaan masyarakat untuk peduli terhadap sesama,’harapnya.

Dengan melakukan donor darah sendiri setidak-tidaknya dapat menghindari si pendonornya terkena penyakit. Karena dalam hal donor darah, darah si pendonor sangat dibutuhkan sekali bagi yang membutuhkannnya.

Untuk itu sebelum pendonor mendonorkan darahnya, pendonor lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Di tempat yang sama, Kepala UTD PMI Kabupaten Bangkalan, dr Fahrur Rozi mengatakan, manfaat donor darah bukan hanya pada penerima donor darah saja, tetapi pendonor juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya orang yang membutuhkan donor darah saja, tetapi bagi orang yang mendonorkan darahnya banyak manfaat yang diperoleh.

Oleh sebab itu, banyak orang yang selalu rutin mendonorkan darahnya demi menolong orang dan mendapatkan manfaat yang diperoleh. Manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan sangat banyak, terutama jika Anda mendonorkan darah secara rutin dan berkala.

Sedangkan manfaat donor darah bagi kesehatan antara lain untuk menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru, mencegah resiko terkena penyakit langka, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran menjadi lebih stabil dan menurunkan kolesterol”, paparnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Bersama PMI Bangkalan Gelar Donor Darah