TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Blitar Intensifkan Bantu Bulog, Sidak Penggilingan Padi

By 25 Sep 2015 06:39Kodam V/Brawijaya
bulog1

Blitar – Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0808/Blitar, intensif membantu Badan Urusan Logistik (Bulog), untuk menghadapi persaingan pembelian beras di daerah-daerah di Kabupaten Blitar.

Jajaran Koramil sampai Babinsa Kodim Blitar turun tangan, ke sentra-sentra panen padi, usaha penggilingan padi, dan mendampingii para petani dalam hal menjual beras.

“Mereka harus membantu mendorong petani menjual beras ke Bulog. Bukan ke pihak swasta, apalagi spekulan”, jelas PJS. Komandan Kodim (Dandim) 0808/Blitar Letkol Arm Muridan, di Makodim 0808/Blitar, Rabu (23/9/2015).

Itu disampaikan Dandim, untuk optimalisasi penyerapan beras.  Salah satu persoalan penting yang dihadapi Bulog, adalah harga pembelian tengkulak selalu lebih tinggi.

Pantauan di lapangan, kegiatan jajaran Kodim Blitar, Anggota Koramil 10/Kademangan besama Babinsa Desa Plosorejo Serka Suyadi megecek dan mengkoordinasikan dengan pemgusaha penggilingan Padi UD. Lumbung Rejeki milik Sumari RT.3 /1 Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan menghimbau agar menjual beras ke Satgas Bulog. Tetapi yang bersangktan belum mampu karena melayani kios dan pedagang beras eceran di wilayah Kademangan.  Sebagai informasi stok gabah 1,3 ton, beras 400 kg dengan harga beras Rp. 8.900. .untuk gabah Rp. 5.500.

Sedangkan Babinsa Serma Suparno melaporkan hasil pengecekan penggilingan padi di wilayah binaan Desa Jeblok, wililayah Koramil 16/Talun, yaitu di penggilingan padi milik Sutanto beralamat di RT. 1/2 Dusun Pundensari Desa jeblok wilayah Koramil 16/Talun, untu stok gabah; 5 ton gabah dari rekanan/petani, gabah dibeli petani seharga Rp.5.900/kg, untuk harga beras Rp. 8.600/kg.  Beras dikirim ke Bulog  sebanyak 4 ton/minggu.

Di Penggilingan milik Majid beramat di RT.  1/2 Dusun Pundensari Desa Jeblok, wilayah Koramil 16/Talun.  Yaitu stok gabah sebanyaj 3 ton, gabah dari petani setempat, harga gabah Rp. 5.500/kg kering. Sedangkan harga beras Rp. 8.600/kg, beras digunakan untuk memenuhi kebutuhan pedagang-pedagang setempat.

Selanjutnya di penggilingan padi milik Taukit beramat di RT 3/1 dusun Pundensari desa Jeblok wilayah Koramil 16/Talun dapat dilaporkan stok gabah 1 ton, gabah di beli dari petani setempat dengan harga Rp. 5.500/kg kering.  Sedangkan untuk harga beras Rp. 8.700/kg kualitas  super, untuk beras dijual ke pedagang-pedagang kecil setempat.

Babinsa Kaweron wilayah Koramil 16/Talun Serda Muyanto melaksanakan pengecekan ke penggilingan padi milik Imam Maliki beralamat Jengglong RT 03/04 kelurahan kaweron dengan hasil, stok gabah 7 ton, beras 1 ton,  untuk melayani rekanan dan masyarakat dengan kemasan plastik 10 kg dan 25kg denga merk Jarum, untuk harga Rp 8.900/kg.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Blitar Intensifkan Bantu Bulog, Sidak Penggilingan Padi