TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kontingen Garuda Unifilmerayakan Idul Adha Di Bumi Lebanon

By 25 Sep 2015 15:05Pasukan Garuda
EYM_7849

Gema takbir membahana di bumi Lebanon selatan sebagai tanda kebahagiaan Hari Raya Idul Adha 1436 H sebagai berkat limpahan Rahmat dan Maghfiroh Allah SWT. Hal ini dirasakan pula oleh prajurit Kontingen Garuda yang sedang menjalankan tugas sebagai pasukan penjaga dan pemelihara perdamaian dunia di UNIFIL Lebanon. Meskipun jauh dari sanak keluarga di Tanah Air, mereka turut merayakan hari kemenangan ini dengan menggelar Sholat Idul Adha di 4 titik yaitu Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Beirut, Masjid Sudirman Camp Naqoura, lapangan upacara Sector East Military Police Marjayoun dan Lapangan Hitam Soekarno Indobatt HQ UNP 7-1, Adchit al Qusayr, Kamis (24/9).

Sholat Ied yang dilaksanakan di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Lebanon di Beirut yang dihadiri oleh Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Tahun 2014-2015 Kolonel Inf Danni Koswara, COS MTF Kolonel Laut (P) Dato Rusman Sutan, DCO Sector East Kolonel Kav Yotanabey A.M, para Dansatgas jajaran Kontingen Garuda UNIFIL tahun 2014-2015, dan perwakilan dari personel Kontingen Garuda UNIFIL tahun 2014-2015.

Meskipun dalam suasana penugasan dan berada jauh dari sanak keluarga tetapi pelaksanaan Sholat Ied yang dipimpin staf KBRI Bapak Ustadz Bahrum tetap terasa khitmad, Dalam ceramahnya, Khatib menyampaikan bahwa Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah Allah SWT melalui mimpinya untuk menyembelih anaknya yaitu Ismail. Namun Ismail diganti dengan seekor domba kibas yang dulu pernah dikurbankan oleh Habil dan selama itu domba itu hidup di surga. Malaikat Jibril dating membawa domba kibas itu dan ia masih sempat melihat Nabi Ibrahim AS menggoreskan pedangnya keleher putranya. Dan pada saat itu juga semesta alam beserta seluruh isinya bertakbir (Allahu Akbar) mengagungkan kebesaran Allah SWT atas kesabaran kedua umat-Nya dalam menjalankan perintahnya.

Seusai pelaksanaan kegiatan shoalt Ied dan khutbah Idul Adha dilanjutkan dengan kegiatan sillaturahim yang diawali dengan Halal Bihalal dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Dubes RI untuk Lebanon Bapak Achmad Chozin Chumaidy yang dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha ini merupakan momentum untuk mempererat tali sillaturahim seluruh warga Indonesia di Lebanon baik pasukan TNI Garuda UNIFIL tahun 2014-2015 bersama staf Kedubes RI serta mahasiswa dan pelajar RI dengan tidak melupakan nilai-nilai social yaitu salah satunya ibadah Qurban yang hasilnya akan diberikan kepada saudara kita umat muslim Lebanon yang tidak mampu.

Sambutan selanjutnya dari Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Tahun 2014-2015 Kolonel Inf Danni Koswara, beliau menyampaikan bahwa pada jaman dahulu Nabi Ibrahim AS mengqurbankan anaknya Nabi Ismail AS untuk disembelih maka implementasi pada perayaan Hari Raya Idul Adha ini merupakan sarana untuk memupuk jiwa social kita dengan saudara kita sesame umat muslim khususnya yang tidak mampu sehingga tali sillaturahim sesame umat muslim akan tetap terjalin.

Setelah pelaksanaan kegiatan acara sillaturahim dilanjutkan dengan acara pelaksanaan pemotongan hewan qurban di belakang kantor Kedubes RI serta kegiatan ramah tamah dan makan bersama. Hal menarik dari merayakan Idul Adha kali ini adalah para prajurit Kontingen Garuda dapat merasakan masakan khas Indonesia seperti balado telur, sate kambing, gulai kambing, ayam bumbu kecap dan rica-rica daging kambing sehingga rasa rindu terhadap kampong halaman dapat terobati. . Indahnya perayaan Idul Adha pada tahun ini memang tidaklah lengkap dirasakan tanpa keluarga tercinta di tanah air. Namun suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin selama penugasan mampu menggantikan suasana lebaran seperti di tanah air bersama keluarga di waktu-waktu sebelumnya. (MCOU XXX-E).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontingen Garuda Unifilmerayakan Idul Adha Di Bumi Lebanon