TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Kesamben,Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Pada Generasi Muda

By 28 Sep 2015 08:39Kodam V/Brawijaya
Foto – 2 Koramil Kesamben Latih PBB
Indikator negara yang kuat bukan hanya karena kelengkapan persenjataan yang hebat, tetapi ada faktor lain yaitu kondisi semangat patriotisme dan nasionalisme serta mental pantang menyerah warga negaranya.    Dan kita semua menyadari bahwa kondisi tersebut  tidaklah mudah untuk  diwujudkan, tentunya memerlukan suatu proses yang panjang, serta mengerahkan segenap potensi.     Seperti yang terlihat pada hari Sabtu 26 September 2015, semangat membara juga terpacar di raut wajah siswa-siswi SMPN 2 Kesamben yang sedang mengikuti latihan PBB.

Menurut Danramil 0814/12 Kesamben Kapten Inf Isak.P, bahwa latihan PPB ini digelar sesuai petunjuk dan arahan Dandim 0814/Jombang, dengan tujuan sebagai salah satu bentuk sumbangsih Koramil dalam pembinaan terhadap generasi muda sejak dini, nantinya generasi muda tersebut dapat memiliki Jiwa Nasionalisme dan Jiwa Patriotisme yang militant, memiliki disiplin tinggi, mampu menangkal dampak negatif informasi dan globalisasi, terutama terhadap bahaya narkoba.
Latihan kedisiplinan  yang aplikatif seperti hal tersebut terus di laksanakan dengan mengerahkan para Babinsa dengan obyek para pelajar sebagai generasi dini, dengan maksud  pembentukan aspek jiwa dan raga sehingga menumbuhkan sifat bijaksana dan mau berbuat demi kemajuan bangsa Indonesia, jelas Danramil.
Selain melatih PBB sebagai sarana penanaman disiplin dan kerja sama, Koramil 0814/12 Kesamben juga melakukan penanaman Wawasan Kebangsaan dalam bentuk aplikasi praktis Bela Negara dan Cinta Tanah Air sejak dini.
Drs,Agus Dwi santoso selaku Kepala sekolah SMPN 2 Kesamben mengatakan bahwa, melatih kedisiplinan siswa-siswi memang tidak mudah, apalagi dalam hal baris berbaris, menurutnya  perlu keterampilan khusus dan ahli dibidangnya.      Untuk itu sangat tepat kegiatan latihan tersebut dipimpin oleh anggota TNI.
Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi dibekali keterampilan tentang PBB yang dapat mereka terapkan pada saat upacara yang rutin dilaksanakan setiap Senin pagi.    Dari latihan tersebut siswa-siswi belajar bagaimana melakukan kerja sama, serta menyiapkan fisik agar selalu siap di lapangan,” ujarnya.
Kegiatan yang di awaki oleh Koramil 0814/12 Kesamben yang melibatkan Serma Zainuri, Serma Saroni dan Serda Yusron berlangsung dengan tertib, lancar serta dalam nuansa yang penuh ketegasan, namun tetap penuh kekeluargaan. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Kesamben,Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Pada Generasi Muda